Monday, 25 May 2015

6 Hikmah Putus Cinta Tuh Gini

Oleh: Choerul Elma Subarkah

Hoho ane putus sama pacar hati ini rasanya di terkam harimou sumatra dan di cabik” sama  gigitan buaya muara dan di kroyok sekumpulan dinosaurus, maklumlah dia adalah cewek pujaan hati yang aku idam-idamkan dari ane kelas 1 smp dan baru jadian pas gue baru masuk kuliah. Sungguh momen putus tersebut itu memang sangat memukul hati seperti ketemu tilangan polisi tapi nggak bawa helm, SIM dan STNK. Tipi dibalik itu memang banyak hikmah yang ane dapatkan dibalik sakit yang amat dalam ini, jadi ingat ayat alquran yang berbunyi :
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
5. Karena sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan,
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
6. Sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan.
(QS AL-insyirah 5-6)
Yah ane memang setelah pasca pemutusan secara sepihak itu jadi banyak intropeksi diri kenapa dia memutuskan ane, secara hubungan dengan dia adalah LDR, batasan jarak dan waktu dengan dia memang menjadi kendala utama, ane tahu kalau cewekkan ya maunya dimanja bukan hanya dimanja lewat telfon, sms, bbm. Tapi ya sudahlah.. semua itu sudah terjadi.
Kembali ketopik pembahasan, terlepas dari semua kesedian yang sangattttt mendalamm itu memang ada beberapa hikmah yang ane rasakan sepeti apa yang dikatakan TUHAN dalam surat AL-insyirah dan ane sangat percaya apa yang Tuhan firmankan.

1.      Jadi banyak Intropeksi diri/Refleksi


Menurutku daripada menyalahkan orang lain bersalah lebih baik intropeksi dulu diri kita udah bener atau belum. Dengan kejadian itu hari-hari ane lebih bayak intropeksi diri dalam setiap masalah yang ane alami dan dampaknya memang luar biasa terhadap masalah yang ane hadapi jadi lebih mudah di selesaikan daripada saling menyalahkan hingga masalahnya malah tidak kelar-kelar.
Ane tahulah apamaunya dia sehingga dia mutusin gue, secara ane kan belum punya penghasilah, yup benar sekali ane belum bekerja menghasilkan monay suatu benda yang dikejar-kejar banyak orang didunia ini sampai melupakan yang memberi monay yaitu TUHAN. Ada nasehat yang diberikan teman ane dan nasehat itu sesuai dengan kondisi ane sekarang sepertinya  nasehat itu akan ane ingat terus, tidak ada salahnya kan mendengarkan kata-kata dari orang lain.
Teman ane berkata:
“kelebihan pria tdk cuma dlm hal job. klo dlm hal job km lemah, kuatkan dirimu dlm hal lainnya”
Yup untuk sekarang memang ane bulum bekerja masih kuliah nyari ilmu, dengan ilmu itulah ane punya kelebihan dibanding dengan orang-orang yang udah bekerja dan satu lagi ilmu yang jarang dipunyai banyak orang yaitu ilmu AGAMA, semenjak pemutusan itupun ane jadi nambah mendekatkan diri ke TUHAN tapi hikmah relijius ini akan ane bahas tersendiri.
Selain ane belum bekerja ane juga ngerasa hubungan dengan dia agak terganggu dengan jarak yang cukup jauh tersebut, seperti yang ane katakan di awal-awal tulisan. Jujur saja ane juga kepengin ngajak dia jalan, ngajak dia makan bareng, nonton film bareng mungkin dan melakukan hal seru bareng tapi ya apa daya jarak menghalangi itu semua. Ane tahu dia jenuh bosen Cuma pacaran lewat telfon, sms, bbm dan dia kepengin perhatian kusus di dunia nyata.
Hikmah yang pertama ane dapet yaitu intropeksi diri dengan hikmah yang satu ini hidup ane hauuhh lebih baik dari sebelumnya.

2.       Belajar menerima sakit hati yang sesungguhnya



Pelaut yang hebat terlahir dari laut yang ganas, lelaki yang hebat terlahir dari disakiti cewek yang paling dicintainya. Ciecie haha. Ane punya beberapa mantan semenjak duduk di SMA tapi saat momen putus dengan cewek cewek mantan ane itu ya biasa aja tidak sesakit ini. Ada beberapa penyebab yang membuat sakit ini sangat dalem yaitu dialah yang ane harap-harapkan dari semenjak ane baru yang namanya mengenal cinta pas ane kelas 1 smp dulu dan juga dialah yang paling ane cintai dibanding cewek di seluruh jagat raya ini, berarti alien ikut,,ehh maksudnya dibumi ini.
Menerima suatu cara yang tepat agar terlepas dari sakit yang ane rasa mungkin Tuhan yang maha bijaksana mempunya sesuatu yang lebih baik dari semua ini yang akan DIA tunjukan. 
Karena ane tidak mau jatuh dilubang yang sama ane pun terapkan hikmah no.2 ini ke kehidupan ane dan hasilnyapun tidak mengecewakan malah ane sekarang menjadi pribadi yang lebih bersyukur atas pemberian Tuhan yang sudah ane terima.

3.       Semangat Belajar semakin Tinggi


Berawal dari sakit itulah ada semacam energi positif yang ane rasakan dihati ini lalu tersampaikan ke otak bawah sadar ane sehingga menghasilkan suatu kebiasaan baik dalam diri ane. Dalam agama juga mengajarkan kalo nafsu itu bila di arahkan ke hal yang positif akan berdampak luar biasa dan ane mencoba terapkan. Sakit ini ane lampiaskan untuk lebih semangat mempelajari ilmu yang sedang ane pelajari memang rasanya berbeda dengan sebelumnya, rasa malaspun ane lawan dengan rasa sakit ini.
Sakit ini juga menjadi semacam motivator abadi yang sewaktu-waktu ane butuhkan akan selalu hadir menjadi penyemangat no 1 dikala malas mendera. Mengalahkan mario teguh dehhh. Mm ada kata kata dari ane nih..
“pengalaman adalah motivator diri terbaik”

4.       Jomblo juga enak


Emangnya combro, ambil positifnya bos kalo ambil negatifnya terus kapan merasakan nikmatnya hidup didunia ini. Dengan jomblo kitakan bisa melakukan hal yang tidak bisa kamu lakukan paslagi pacaran misalnya jalan sama temen sepuasnya tanpa kawatir pacar kamu ngomelin, ya iyalah udah ga punya pacar. Makan nasi padang sepuasnya apahubungannya,,halah dihubung-hubungin aja pasti enak, jangan lupa lauknya pake dada ayam penyet pedas gurih pasti tambah enak tuh,hahahahah

5.       Muncul Ide/Inspirasi baru


Setelah ane terbangun dari rasa sakit itu memang banyak ide dan inspirasi yang muncul khusunya bagi hobi saya yaitu ngeblog, yah karna peristiwa tersebutlah yang memunculkan ide dari tulisan yang sedang kamu baca ini semoga bisa di ambil hikmahnya yang sebenarnya curhat ane ini.hehe . kalo kamu pinter nyiptain lagu buatlah lagu dari apa yang kamu rasakan setelah patah hati atau mungkin puisi dan lain-lain. So ambil positifnya.

6.       Mendapat Energi Sepiritualisme


Mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha esa adalah salah satu hal terbaik untuk menyelesaikan masalah yang ane punya, dan bener sekali hati ini menjadi semakin tenang, kalem dan bijak menghadapi masalah. Berawal dari itu juga berdoa jadi semakin khusu ya kamu tahu sendirikan berdoa kalo lagi sakit itukan rasanya beda. Ya ane juga berdoa untuk dia semoga dia diberikan yang terbaik sama Tuhan, ane juga berdoa sama tuhan
“Kalau memang dia jodohku satukanlah dia denganku karna aku sangat mencintai dia tapi kalo memang bukan, berikanlah jodoh yang terbaik bagiku”
Kalo memang tuhan memberikan jodoh selain dia, ane akan terima dengan sepenuh hati dan akan ane sayangi cewek yang menjadi jodohku itu.  
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
5. Karena sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan,
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
6. Sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan.
(QS AL-insyirah 5-6)
Meresapi ayat ayat tersebut menjadi semacam penyembuh yang dasyat, memang kalo lagi ada masalah pasti ada 20-30% dari masalah tersebut yang bisa dijadikan penyelesai dari masalah tersebut.

Sebagai penutup ane ada beberapa kata untuk F.G
Selamat
Hadeh singkat amat gan, iya lagi males ngomong... dah deh sekian..terimakasih udah mampir di blog ane.

baca juga cara mengatasi patah hati   





Artikel Terkait

6 Hikmah Putus Cinta Tuh Gini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email