Saturday, 18 July 2015

5 Alasan Kenapa Indonsia tidak Maju-Maju (FAKTA)

5 Alasannya kenapa indonesia Belum Maju-maju (fakta)

Oleh: Choerul Elma Subarkah
  • Gaya hidup gengsi

Orang indonesia nampaknya lebih mempioritaskan gaya atau setatus sosial di mata masyarakat walau berlatar belakang tidak mampu. Bermegah-megahan dalam membangun rumah, membeli kendaraan bagus minimal ya naiknya motor ninja. Malah ada anak yang tidak mau sekolah gara-gara tidak dibelikan motor bagus ada juga teman ane lebih memilih membeli motor ninja yang harganya 30 juta di banding nerusin pendidikan kejenjang kuliah, padahal dengan uang segitu bisa untuk nyelesein pendidikan kuliah di fakultas tertentu, kalo fakultas dokter uang segitu mah Cuma buat daftar ulangnya,hehe . lebih baik kita hidup sederhana, berfikir kedepan, sehingga rejeki yang kita dapat tidak habis untuk bersenang-senang dengan kesenangan sesaat tapi akhirnya menderita. Habis gajian uangnnya jangan langsung untuk beli motor FU, kumpulin deh tuh gaji sebagian disedekahkan, setelah uang terkumpul cukup kita olah lagi duit itu misalnya di investasikan, buat bisnis atau yang lainnya.

وَاعْلَمُوا أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلادُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ
”Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar” [QS. Al-Anfaal : 28]
Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang beriman diantaramu dan orang-orang yang berilmu pengetahuan dengan beberapa derajat”.
(Qs Al Mujadilah ayat 11)
  • Tidak disiplin


        Waktu sangat berharga, karna sehari Cuma ada 24 jam sedangkan kegiatan manusia banyak. Orang indonesia harus belajar lebih untuk menghargai waktu, seperti datang tepat waktu saat menghadiri suatu acara,  pengalaman ane saat di undang menghadiri seminar bisnis oleh instansi pemerintah, di undangan tercantum acara dimulai pukul 08.00 tapi acara baru dimulai 09.30, hadehh udah berangkat buru-buru takut telat karna lokasi tempat berlangsungnya seminar sama tempatku jauh sekitar 1 jam perjalanan, ehh malah sampai lokasi masih sepi, bikin kesel aja.. Jadwal yang maju juga acara akan selesai lebih lama melebihi waktu yang di tantukan sebelumnya, hal tersbut mengakibatkan jadwal yang lain akan berantakan hanya karna tidak disiplin
    Waktu itu singkat, satu satu tahun rasanya waktu yang lama tapi tidak kita sadari detik berlalu, jam berlau, minggu berlau, bulan berlalu akhirnya setahun. Kalo kita tidak manfaatkan waktu dengan benar, sia-sialah 1 tahun. Kata orang barat time is monay, kata orang arab, waktu adalah pedang, ada juga yang mengatakan waktu adalah peluang, jadi kalo pengin negara ini maju ayo kita disiplin waktu.

“Demi masa, sesungghnya manusia itu benar benar dalam kerugian.“ (Qs. al-‘Ashr [103]: 2)

  •    Membuang sampah sembarangan

Masalah ini sebenarnya di katagorikan sebagai tindakan tidak disiplin juga tapi karna ane pengin membahas lebih dalam, jadi ane tempatkan di katagori tersendiri. Kamu pastinya sering melihat sampah berserakan di jalan, habis selesai event, tempat pariwisata, sungai.  Apalagi sampah yang ada di jakarta, menurut informasi sampah yang dihasilkan oleh warga jakarta mencapai 6000 ton. Permasalahan muncul ketika masyarakat jakarta tidak disiplin membuang sampah, sungaipun dijadikan tempat yang praktis untuk membuang sampah sehingga sungai tampak kumuh, baunya busuk juga menyebabkan banjir. Padahal sungai-sungai di jakarta salah satunya sungai ciliwung abad 15-16 (xv-xvl) merupakan sungai terbersih sampai sampai dijuluki ratu dari timur tapi karna perilaku masyarakanya sendiri yang tidak sadar akan lingkungan sekarang jakarta menjadi neraka dari timur.
Membuang sampah pada tempatnya akan berdampak sangat besar bagi lingkungan kita, lingkungan yang nyaman akan berdampak pada lancarnya aktifitas manusia yang berada pada lingkungan tersebut. Coba satu orang memungut satu sampah yang ada di sekitarnya lalu membuang pada tempat sampah, bayangkan seluruh orang didunia ini melakukan hal tersebut pasti lingkungan akan bersih dan nyaman.


 “Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqas dari bapaknya, dari Rasulullah saw. : Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu” (HR. Tirmizi)”
  •  korupsi

Korupsi sudah menjadi tajuk utama di negeri tercinta ini, sepertinya sudah menjadi hal umum. Padahal dampak dari korupsi sangat besar terhadap negara terutama dalam bidang ekonomi. Masyarakat yang seharusnya mendapatkan haknya malah tidak manedapatkan, sehingga kemiskinan terjadi dimana-mana, kelaparan terjadi di daerah timur, pengangguran.  Rakyat sengsara tapi para pemimpin enak-enakan pergi keluar negeri dengan modus studi banding, eh sampai luar negeri malah shoping.  

عَنْ أَبِى مَالِكٍ الأَشْجَعِىِّ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « أَعْظَمُ الْغُلُولِ عِنْدَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ ذِرَاعٌ مِنَ الأَرْضِ تَجِدُونَ الرِّجْلَيْنِ جَارَيْنِ فِى الأَرْضِ أَوْ فِى الدَّارِ فَيَقْتَطِعُ أَحَدُهُمَا مِنْ حَظِّ صَاحِبِهِ ذِرَاعاً فَإِذَا اقْتَطَعَهُ طُوِّقَهُ مِنْ سَبْعِ أَرَضِينَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ ».
Dari Abi Malik Al-Asyja’i dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Ghulul (pengkhianatan/ korupsi) yang paling besar di sisi Allah adalah korupsi sehasta tanah, kalian temukan dua lelaki bertetangga dalam hal tanah atau rumah, lalu salah seorang dari keduanya mengambil sehasta tanah dari bagian pemiliknya. Jika ia mengambilnya maka akan dikalungkan kepadanya dari tujuh lapis bumi pada hari Qiyamat. (HR Ahmad, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahihut Targhiib wt Tarhiib II/ 380 nomor 1869)

baca juga inilah kenapa korutor wajib di hukum mati 
  •  generasi muda yang malas/ kerjaanya ngejar lawan jenis

Generasi muda adalah kunci nasib kejayaan suatu negara. Generasi mudalah yang nanti menggantikan para pemimpin negara, pemimpin masyarakat, pemuka agama dan pengusaha. Apabila akhlak mereka hancur makan hancurlah negara kedepannya. Kebanyakan pemuda sekarang faktanya sangat ironis, lebih suka yang instan, malas bekerja, kerjanya cuma pacaran, nongkrong gak jelas. ni contoh kegiatan pemuda anak muda sekarang. 

pacaran

nongkrong gak jelas



Al-Isra`: 32
“Dan janganlah kalian mendekati perbuatan zina, sesungguhnya itu adalah perbuatan nista dan sejelek-jelek jalan.”









Artikel Terkait

5 Alasan Kenapa Indonsia tidak Maju-Maju (FAKTA)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email