Thursday, 23 July 2015

Fungsi Tag Heading H1-h6 dan pengaruhnya pada SEO

Pengaruh tag heading terhadap SEO, harus di pelajari oleh blogger yang menginginkan visitor banyak pada blog. Salah pengguaanya dapat berakibat menurunnya kualitas SEO blog bahkan akan menurunkan ranking artikel di mesin pencari. banyak para blogger belum paham yang di sebut tag heading lalu apa saja fungsinya dan yang paling penting apa pengaruhnya terhadap SEO sendiri. mari ane jelaskan semampu ane.



Apa itu tag ?


tag yang saya bahas kali ini adalah tag yang bersangkutan dengan bahasa pemrograman HTML.
Tag adalah sebuah kode yang dikurung "<" dan ">" untuk memberikan informasi kepada web browser dan mengintruksikan web browser. tag umumnya di buat secara berpasangan, ada tag pembuka dan tag penutup, tag jenisnya banyak sekali namun format penulisannya tetap sama. contoh
<nama_tag>teks yang ditampilkan</nama_tag>
<h1>cara membuat anak</h1>
pada tag di atas akan menghasilkan tampilan "cara membuat anak" dengan ketebalan dan ukuran sesuai penggunaan tag h1.

tag penutup harus dikasih garis miring atau karakter "/" jadi seperti ini </>, tag penutup berfungsi untuk mengakhiri proses tagging pada web browser, apabila tag pembuka tidak dibarengai tag penutup maka web browser akan mengira bahwa tag tersebut berlaku untuk seluruh dokumen, sehigga tampilan yang muncul pada browser tidak sesuai dengan keinginan.

penggunaan besar kecilnya huruf (case in sensitive) tidak berpengaruh pada penulisan tag, menggunakan huruf besar maupun huruf kecil akan menghasilkan hasil yang sama.

Apa itu heading ?

heading adalah Sebuah kode html untuk memperbesar dan mempertebal sebuah tulisan. biasanya digunakan untuk tulisan yang membutuhkan ukuran besar dan tebal dari pada ukuran normalnya seperti judul artikel atau judul blog. dalam dunia pemrograman untuk meperbesar dan mempertebal suatu tulisan menggunakan kode printah <h1> sampai <h6>.

misalnya menggunakan <h1> akan menhasilkan ukuran dan ketebalan sesuai tag H1 dan akan semakin mengecil ukuran dan ketebalannya sampai <h6> tapi masih lebih besar dan tebal daripada ukuran tulisan normal.


Fungsi tag heading pada Artikel

Fungsi tag heading biasanya utuk membuat judul artikel, point-point, dan sub point dalam artikel sehingga berbeda ukurannya dengan tulisan normal biar kelihatan lebih menarik dan enak di pandang, selain itu menggunakan tag heading juga akan mempermudah pengunjung untuk mengerti isi artikel dari point-point dan sub point yang ukurannya lebih besar khususnya pada artikel yang panjang dan membutuhkan waktu untuk membacanya.

Pengaruh tag heading H1 sampai H6 pada SEO

Penggunaan tag heading H1 sampai H6 ternyata berpengaruh pada SEO, apabila penggunaanya salah justru akan berpengaruh pada kualitas SEO suatu blog. Penggunaan heading tag dalam penulisan artikel sebaiknya haya menempatkan <h1> sebanyak 1, setetmen tersebut berdasarkan penelitian para master SEO yang telah meneliti bahwa penggunaan <h1> lebih dari 1 dalam satu artikel akan memperburuk kualitas SEO/ rangking halaman pada mesin pencari.

pengaruh lainnya yaitu pada penempatan tag heading pada template, template bawaan dari blogspot dan template download gratisan biasanya menempatkan H2 dan H3 secara terbalik, H2 seharusnya di gunakan untuk judul artikel dan h3 digunakan untuk judul widget, namun pada tempelate gratisan dan bawaan, h2 digunakan untuk judul widget dan h3 untuk judul posting. untuk mengatur tag heading pada template agar lebih SEO baca selangkapnya pada postingan cara membuat dynamic heading

kesimpulan pengaruh tag heading

Untuk mempermudah pembaca menangkap isi dari artikel yang ane tulis, maka bisa kita tarik beberapa kesimpulan yang sebaiknya sobat terapkan pada blog, diantaranya.

1. Menggunakan tag heading <h1> sebanyak 1 dalam satu artikel, sebaiknya hanya digunakan untuk judul      artikel saja
2. menggunakan tag heading dengan urutan yang disarankan, untuk mem pelajarinya baca artikel yang saya sarankan di atas yaitu "cara membuat dynamic heading"
3. menggunakan point, dan sub point, untuk artikel panjang untuk mempermudah pembaca mengerti isi artikel yang sobat tulis






Artikel Terkait

Fungsi Tag Heading H1-h6 dan pengaruhnya pada SEO
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email