Sunday, 27 September 2015

Cara Membuat Email Baru di Gmail dan Yahoo Lengkap Mudah

Email di era internet sekarang ini sangat digunakan untuk banyak keperluan seperti untuk mengirim surat, untuk melamar pekerjaan, email marketing, spam, membuat blog, mendaftar akun sosial media dan masih banyak lainnya tergantung penggunaan si pemilik email. Sayangnya masih ada beberapa orang yang belum bisa membuat email sendiri padahal untuk memanfaat internet secara maksimal harus memiliki email untuk berbagai keperluan yang sudah saya sebutkan di awal-awal kalimat.

Tidak apa-apa bila anda belum bisa membuat email sendiri, bisa karna awalnya belum bisa. Nah pada tutorial kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara membuat email baru di GMAIL dan YAHOO Lengkap serta akan saya tampilkan gambarnya untuk memudahkan anda membaut email. Sebenarnya cara membuat email di gmail dan cara membuat email di yahoo intinya sama. Keduanya sama-sama meminta anda mengisi data diri anda di form pendaftaran.

Sebelum saya membahas lebih jauh tentang cara membuat email, saya beritahukan dulu apa si itu email?
Email (elektronik mail) adalah metode mengirim pesan/ bertukar pesan dari penulis pesan ke beberapa penerima secara digital. Untuk bisa mengirim pesan kepada penerima agar sampai dibutuhkan koneksi internet. Jadi pastikan kuota internet anda ada atau bisa nongkrong di warung yang ada wifinya untuk mengirim email, ya pokoknya koneksi internet anda meyala.

Tutorial kali ini saya hanya menjelaskan cara membuat email dari dua penyedia akun email, email milik Google yaitu Gmail dan Email milik yahoo disebu ymail. Kedua penyedia email gratis itulah yang paling banyak penggunanya disamping itu juga penggunaanya mudah, cocok bagi yang baru mengenal per-email-an :).
 Sebenarnya masih ada provider lainya seperti email milik microsoft (hotmail dkk) , AOL maill dan mail.com, tapi itu tidak akan saya jelaskan di tutorial saat ini hanya sebagai pengetahuan saja. Langsung saja ke langkah-langkah cara membuat email. Saya akan terangkan cara membuat email di gmail dulu baru saya terangkan cara membuat email di yahoo, karena gmail di bandingkan ymail saat ini penggunaanya banyak gmail, seperti saya jelakan gmail adalah milik mesin pencari raksasa google.

Cara membuat email baru di gmail

Gmail adalah penyedia email gratis fovorit saya, dengan memiliki akun gmail kita dapat dengan mudah mendaftar layanan google lainnya seperti youtube, google plus, tempat penyimpanan file online google drive dan mebuat blog gratis di blogger tanpa ribet. Hebatnya lagi kita tidak usah susah susah apabila ingin membuka beberapa akun gmail sekaligus karena google mengizinkan login beberapa akun email sekaligus dalam satu browser jadi kaga perlu repot menggunakan dua browser untuk membuka beberapa akun di gmail. Oke, begini cara membuat email di gmail.


Langkah mudah cara membuat email baru di gmail


1. buka alamat gmail.com di browser. maka akan muncul halaman seperti di bawah ini
cara membuat email di gmail


Pastikan anda tidak sedang login akun di gmail sehingga akan muncul halaman persis di atas. Di bagian paling bawah ada tulisan warna biru, bertuliskan "Buat akun" . Klik tulisan buat akun tersebut. maka akan masuk halaman pengisian form data diri seperti di bawah ini.

2. isi form data diri secara lengkap dan benar


cara membuat email baru di gmail

Isi form pendaftaran yang meminta biodata diri anda, isi semua dengan benar, jangan ada yang sampai terlewatkan, apabila ada yang terlewatkan maka akan ada tulisan piringatan warna merah "tidak boleh kosong". Saya akan bantu jelaskan satu persatu form pendaftaran diatas.

*Nama : Isi dengan nama panjang anda, kalau perlu sama dengan yang ada di ktp anda jadi bisa buat melamar perkajaan mengguanakan email. kolom pertama isikan nama depan anda dan kolom belakang isikan nama belakang anda. Apabila nama anda ada nama tengahnya contohnya Edi Kurnia Putra, kolom pertama isikan nama depan anda Edi dan kolom kedua isikan nama tengah dan nama belakang anda Kurnia Putra

*Pilih nama pengguna anda : Isikan nama pengguna sesuai keinginan anda, tidak harus sesuai dengan yang  ada di kolom *Nama. Saat mengisi tidak usah di tambaih @gmail, Secara otomatis nama pengguna akan berakhiran @gmail. Jika nama pengguna sudah tersedia, bisa tambahkan karakter selain huruf misalnya edi.kurnia atau edikurnia69. Huruf besar kecil tidak berpengaruh dalam nama pengguna.

*Buat sandi : Sandi di isi minimal delapan karakter agar aman, Gunakan juga kombinasi antara huruf,
angka  dan karakter. Yang harus di hindari dalam membuat sandi yaitu menggunakan nama, tanggal lahir nama teman, nama hewan peliharaan, sandi dengan kombinasi seperti itu sangat mudah di tebak oleh orang lain. Huruf besar dan huruf kecil berpengaruh. Pastikan ingat-ingat huruf besar kecilnya saat menulis sandi

*Konfirmasi sandi anda : Tulis ulang sandi seperti sandi yang ada di kolom *buat sandi . 

catatan: catat sandi anda dan simpan baik-baik, orang paling banyak lupa dengan sandi email 
*Tanggal lahir : isi sesuai tanggal lahir anda. kolom pertama isikan tahun lahir, kolom kedua di isi bulan lahir, caranya klik tulisan bulan nantinya muncul daftar bulan dari januari sampai desember, pilih sesuai bulan lahir anda anda dan kolom ketiga isikan tanggal.

*Gender : Pilih sesuai dengan gender anda, gender cowok pilih "pria", gender cewek pilih "wanita" dan apabila anda transgender, bukan cewek bukan cowok, malaikat atau alien bisa pilih opsi "lainnya"

*Ponsel : Isi dengan nomor ponsel anda yang masih aktif, nomor ponsel di gunakan untuk verifikasi akun jika dibutuhkan, isi nomor tanpa angka nol langsung saja ke angka delapan.

*Alamat email anda saat ini : isi dengan alamat email milik anda saat ini, jika anda tidak punya email karena anda baru pertama kali membuat email, bisa di kosongkan saja. alamat email ini digunakan untuk memulihkan akun apabila terjadi masalah pada akun anda.

*Buktikan bahwa anda bukan robot : Conteng lewati verifikasi ini jika anda menginginkan verifikasi lewat nomor ponsel, lebih baik jangan di contong biar cepet selese. Tulis kode yang ada di gambar, jika gambar tidak kelihatan atau kabur bisa di ganti dengan mengeklik tanda panah mlengkung di samping kanan

*Lokasi : pilih negara anda, indonesia pastinya

* Centang tulisan "saya menyetujui persyaratan layanan dan privasi google" , untuk membaca persyaratan layanan dan privasi google, klik tulisan warna biru.

* Lalu klik "langkah brikutnya"

Apabila sobat baru pertama kali membuat email maka akan langsung di bawa ke halaman ini.


Brarti tandanya akun email anda sudah jadi dan siap digunakan, langsung saja klik "lanjutkan ke gmail" .Tapi jika nomor ponsel yang anda masukan sudah pernah untuk membuat email maka yang muncul adalah halam verifikasi,

 tenang saja gampang kok, masukan saja nomor ponsel andan, lalu gambar yang kedua pilih pesan teks (SMS) biar mudah. setelah itu klik lanjutkan,

 tunggu beberapa saat sampai anda menerima sms berupa kode angka, masukan kode tersebut di kolom yang tersedia. setelah itu klik verifikasi.

                                 cara membuat email di gmail
klik lanjutkan ke gmail.
cara membaut email di gmail



Klik "muat HTML biasa" jika koneksi sobat lambat, dengan mengeklik tulisan tersebut loadingnya jadi semakin cepat.



Alamat email anda sekarang siap digunakan. 

Cara membuat email baru di yahoo

Setelah anda selesai membuat email di gmail, mungkin anda ingin mencoba layanan email dari yahoo. Email dari yahoo juga banyak fiturnya serta tampilannya yang sedarhana memudahkan penggunanya. Ok langsung saja ke langkah-langkah Cara membuat email baru di yahoo

  1.  #. Pertama buka alamat mail.yahoo.co.id 
ingat menggunakan yahoo.co.id jangan pake .com, tampilan yahoo.co.id menggunakan bahasa indonesia sedangkan akhiran.com menggunakan bahasa inggris, dengan tampilan bahasa indonesia memudahkan anda memahami tulisannya. tampilannya seperti ini.
cara membuat email di yahoo

klik tulisan warna buru "daftar untuk account baru" yang di kotakin oleh saya warna merah 
       
           2. #isi data diri secara lengkap



*nama depan  : isi dengan nama depan anda

*nama belakang : isi dengan nama belakang anda

*nama pengguna yahoo : isi dengan nama sesuai keinginan anda, anda juga bisa memilih alamat akhiran anda yahoo.co.id atau yahoo.com. jika memilih yahoo.co.id maka nama pengguna anda akan berakhiran misal hermansyah2012@yahoo.co.id

*Kata sandi : isi dengan kombinasi huruf angka dan karakter agar aman. jangan lupa catat kata sandi anda biar tidak lupa.

*nomor ponsel : isi dengannomor ponsel anda, ini dugunakan untuk mendapatkan kode verifikasi

*Tanggal lahir : isi sesuai dengan tanggal lahir anda 

*pilih "laki" untuk cowok, plih "perempuan" untuk cewek

*nomor ponsel pemulihan opsional : boleh di isi boleh tidak, digunakan apabila akun anda bermasalah

*Hubungan : diisi sesuai dengan hubungan anda, lajang, menikah atau terserah.

selanjutnya klik "buat akun". setelah itu akan menuju halaman verifikasi

              3. #Verifikasi

masukan nomor ponsel anda, tanpa angka 0. setelh itu klik 'kirim sms'

cara membaut emai di yahoo
tunggu beberapa saat maka anda akan meneriama kode verifikasi yang terdiri dari 4 angka, masukan kode yang anda dapatkan tersebut, klik 'kirim kode"
cara membuat email di yahoo

 sampai tahap ini berarti email anda sudah selesai di buat.


penutup

semoga tutorial yang telah saya berikan tentang "cara membuat email baru di gmail dan yahoo" bisa membantu anda dalam membuat email dengan mudah. jika tutorial ini bermanfaat tekan tombol share di atas tulisan, atau beritahukan ke teman anda yang belum bisa membuat email, berbagi itu indah. Terimakasih






Artikel Terkait

Cara Membuat Email Baru di Gmail dan Yahoo Lengkap Mudah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email