Friday, 4 September 2015

Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO



Sebagai seorang blogger untuk menghidupkan blognya tentu harus update konten segar berupa artikel setiap hari, blog tanpa konten ibarat orang tanpa nyawa, akan mati dan tidak bisa eksis lagi. Tidak hanya asal menulis artikel bila ingin mendapatkan urutan 1 di mesin pencari google. Harus ada usaha tertentu untuk pencapaian tersebut. Sebenarnya membuat artikel sangat mudah bahkan dengan membuat posting dengan isi 1 sampai 2 paragraf saja yang penting gagasan penulis tersampaikan kepada pembaca sudah disebut artikel, namun sobat tentu tidak ingin artikel yang kita buat tidak terindex google karna penulisannya tidak merujuk ke teknik SEO, akibatnya blog sepi pengunjung dan lama-lama jenuh serasa ngeblog tidak ada hasilnya akhirnya berhenti ngeblog. Jangan sampai hal tersebut terjadi, maka dari itu ane sarankan mempelajari Cara Menulis Artikel berkualitas SEO


Isi artikel yang deskriptif mudah dimengerti oleh pembaca juga salah satu yang harus di perhatikan jangan sampai kita hanya mementingkan mesin pencari, hanya mementingkan mesin pencari akan merusak tata bahasa dalam suatu artikel, pembahasan yang muter-muter membingunkan pembaca karna terlalau fokus pada SEO, tujuan menulis artikel adalah memberi atau membagi manfaat kepada orang lain, solusinya yaitu selain fokus pada SEO juga fukus pada kaidah penulisan artikel yang benar sehingga mudah dipahami pembaca, tidak menutup kemungkinan pembaca visitor akan jatuh cina dengan blog kita lantaran isinya yang berkualitas dan bermanfaat dan lain waktu pembaca akan mengunjungi blog sobat lagi.


Untuk membuat netter yang sedang mencari artikel di mesin pencari yang relevan dengan artikel yang berada di blog anda, paling tidak artikel sobat harus berada di urutan 10 besar di halaman 1 google, kalau artikel sobat berada di halaman 3 keatas, pastilah artikel sobat tidak akan di kunjungi apalagi dibaca. akan saya tunjukan bagaimana caranya biar artikel yang anda tulis nangkring di urutan 10 besar. perhatikan pont-point berikut ini.

Point Penting Cara Menulis Artikel berkualitas SEO

Melakukan Riset Kata kunci untuk Membuat Judul


Meletakan Kata Kunci pada Suku kata Pertama Judul


Isi Artikel lebih dari 1000 kata atau lebih


Pasang ALT tag pada gambar


Memasang Label


Custom url pada Postingan


Memasang Link ke Artikel Lain


Beck Link Ke Artikel Sobat


Membuat Artikel yang Berkualitas


Akan saya bahas satu persatu dari poit yang palig atas biar sobat semua jelas.


1. Melakukan Riset Kata kunci untuk Membuat Judul



Sebelum anda menulis artikel alangkah baiknya menentukan judul yang pas dan relevan dengan isi artikelnya, yang tidak kalah penting yaitu menentukan judul yang banyak di cari oleh para pengguna internet dengan pesaing rendah, dengan begitu jangan kaget kalo artikel berada diuruta 10 besar halaman pertama google. Bila anda asal membuat judul artikel tanpa melakukan riset telebih dahulu dikhawatirkan judul yang dibuat ternyata tidak banyak dicari oleh pengguna internet, sangat disayangkan setelah cape-cape menulis artikel panjang lebar menyita waktu sobat karena hanya kesalahan pemilihan judul, usahanya sia-sia.


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meriset keyword untuk judul artikel, kalo saya sendiri lebih suka menggunakan aplikasi gratis ubersuggest dan google adwords: keyword planner , ubersuggest digunakan untuk mencari varian keyword dan adwords saya gunakan untuk menganalisa banyaknya pesaing yang menggunakan keyword yang akan saya gunakan sebagai judul artikel. Untuk lebih dalamnya akan saya bahas pada postingan sendiri tentang riset katakunci untuk membuat judul, makanya rajin-rajin kunjungin SukaOn untuk mendapatkan artikel terbaru.


2. Meletakan Kata Kunci pada Suku Pertama Judul Artikel



Judul Artikel memiliki point 1, mesin pencari akan merayapi keyword utama pada judul dahulu baru akan merayapi keyword yang ada pada artikel.

Sangat penting menggunakan long tail keyword (kata kunci dengan tambahan kata di belakangnya), penggunaan long tail keyword akan mempermudah artikel berada di urutan pertama google khususnya bagi blog yang masih baru. Kata dalam judul sebaiknya 5 kata lebih kenapa? karena keyword 3 kata kebawah sudah duluan kepake oleh situs web yang sudah terkenal jadi sulit untuk mengunggulinya.

Dalam merangkai long tail keyword tersubut perlu diperhatikan dalam penempatan kata kuncinya. letakanlah katakunci pada awal suku kata contoh.


saya mau membuat artikel dengan keyword "cara merebut pacar orang" lalu saya kasih long tail keyword menjadi "cara merebut pacar orang dengan mudah" bisa juga "tutorial lengkap cara merebut pacar orang" , dari dua judul long tail keyword di atas saya akan memilih judul yang kedua karena keyword utama terdapat pada suku kata pertama. paham ya maksud saya.


3. Isi Artikel lebih dari 1000 kata atau lebih



Masalah yang berkaitan dengan judul sudah saya bahas, sekarang waktunya membahas bagian isi artikel. Menurut buku SEO yang saya baca dan berbagai sumber di internet tentang masalah banyaknya kata dalam suatu artikel mengatakan berbeda-beda, ada yang mengatakan bahwa 300 kata sudah memenuhi setandar penulisan artikel SEO, namun sumber lain mengatakan 500, sampai saya membaca hasil analisa dari hasil pakar seo serpIQ dan MOZ ,mereka meneliti bahwa apabila artikel lebih dari 1000 kata lebih akan semakin baik dimata pencari walau tidak melakukan optimasi SEO. Tidak pake optimasi aja sudah baik mata mesin pencari, kalo pake teknik SEO mungkin mesin pencari langsung jatuh cinta sama artikel kita :). Memang saya juga meng iyakan penelitian kedua pakar seo tersebut karena artikel yang menduduki tingkat 10 google rata-rata yang isinya panjang-panjang.


**Analisa MOZ






gambar 0.1 garafik nanalisa MOZ



Bisa kita lihat grafik dari analisa MOZ menunjukan bahwa jumlah suku kata dalam suatu artikel bila semakin banyak makan akan menduduki pringkat 1 mesin pencari atau rankingnya semakin mengecil.


**Analisa serpIQ



gambar 0.2 grafik analisa serpiq




grarafik dari penelitian serpIQ menunjukan artikel yang memeiliki 2000 kata/lebih akan mudah masuk dalam 10 besar rangking pencari atau dengan kata lain semakin banyak suku kata dalam artikel maka berada dalam pringkat 1 mesin pecari sangat mudah penelitian itu terlepas dari teknik SEO offpage.


Semakin banyak suku kata dalam suatu artikel maka google akan mengira bahwa artikel tersebut kaya informasi, dan semakin sedikit suku kata dalam suatu artikel maka google akan mengira bahwa artikel tersebut miskin informasi.


kesimpulannya adalah buatlah artikel lebih dari 1000 kata agar aman, lebih banyak lebih bagus karena berdasarkan riset sudah dibuktikan kebenarannya.


4.Pasang ALT tag pada Gambar



Memasang ALT tag pada gambar salah satu teknik SEO onepage yang patut dicoba biar artikel yang kita buat semakin berkualitas dan semakin jos seonya di mesin pencari.

Memasang Alt tag menurut saya sangat penting untuk mempermudah google membaca gambar yang berada di artikel kita, google tidak bisa membaca gambar maka dari itu sobat harus membantu google membacanya. caranya gini sobat.


langkah-langkah memasang ALT tag pada gambar



1. upload gambar yang di butuhkan oleh artikel sobat


2 blok gambar


3 klik properties



3. masukan title text dan alt text susuai dengan keterangan gambar







4. yang terakhir masukan keterangan di bawah gambar tersebut tentu saja tentang gambar yang sobat upload seperti ini








keterangan gambar dibwah gambar contohnya gambar diatas


manfaat lain juga saat pengguna internet mencari gambar di google yang relevan dengan gambar yang ada di artikel agan maka gambar tersebut akan muncul di mesin pencari gambar google.


5. Memasang Label


Untuk memudahkan pengunjung menemukan artikel yang relevan dengan artikel yang pengunjung baca saat ini , maka diperlukan pengelompokan artikel yang relevan isinya, itulah yang disebut label. Dengan label juga mempermudah pengunjung mencari artikel yang sudah lama tenggelam karena banyaknya post yang baru tapi dengan label kita bisa dapat dengan mudah menemukan artikel lama tersebut,

Ternyata mesin pencari juga suka dengan hal ini, selain blog mudah di navigasi juga pengunjung akan semakin betah berlama-lama di blog karena penasaran membaca artikel yang relevan lainnya. caranya begini sob.

langkah-langkah membuat label dengan mudah


1. klik Label yang berada di pojok kanan atas





gambar 0.3 label


2. Setelah itu masuka katagori artikel tersebut, atau klik katagori yang sudah ditulis sebelumnya





gambar 0.4 label


Klik Simpan



gambar 0.5 label



Pemberian label pada artikel bisa lebih dari satu label, sesuai kebutuhan saja.



6. Custom url pada Postingan



Custum url permalink(tautan permanen) blogger muncul sekitar tahun 2012 dengan versi beta dan membuatnya juga di draf (nostalgia :)) tapi sekarang sudah mudah untuk custom url, tinggal klik sebalah kanan halaman tulis entri.


Bila kita menggunakan tautan permanen otomatis, untuk artikel dengan judul yang panjang maka akan ada bagian yang terpotong di bagian akhir dari judul misalnya saya membuat judul


"Cara membahagiakan pacar agar pacarannya langgeng sepanjang masa dan di pertemukan di surga"

ini hanya contoh ya :), maka akan terbentuk url terpotong seperti ini

blogsongong.blogspot.com/cara-membahagiakan-pacar-agar-pacarannya-langgeng.html

hal tersebut terjadi karena karekter yang disediakan url hanya 38 karakter termasuk sepasi jadi akan terpotong, tautan permanen yang terpotong seperti itu tidak ramah SEO. untuk membidik kata kunci, saya gunakan url permanen yang sesuai dengan kata kunci yang saya bidik walaupun judulnya panjang melebihi katan kunci tersebut.




gambar 0.6 pemalink


contoh kasus saya membuat psoting dengan judul "cara optimasi seo onepage bagi pemula"

maka saya akan mengkostum link permanen sebagai berikut

sukaon.blogspot.com/cara-optimasi-seo-onepage.html

saya hanya menuliskan url sesuai dengan keyword yang saya bidik, penggunaan url penggunannya sesuai kebutuhan kalo untuk kontes seo custum urlnya beda lagi, karena terlalu panjang tidak akan saya jelaskan disini secara detail, secara detailnya akan saya posting di judul tersendiri. Jadi sering-sering kunjungin blog saya.



7. Mebuat Link ke Artikel yang masih terkait

membangun link ke artikel lain akan memudahkan mesin pencari menjelajah konten yang ada di blog sobat jadi semua konten yang ada di blog sobat akan mudah terdeteksi oleh mesin pencari. membuat link ke artikel lain juga akan meningkatkan visibilatis konten blog anda, artikel yang semakin banyak maka artikel lama akan tenggelam, sedangkan pengunjung biasanya hanya mau membaca artikel yang berada di urutan halam pertama di blog anda atau artikel yang sudah populer yang mucul di widget artikel populer di sidebar, jika anda ingin memperlihatkan artikel lama kepada pengunjung tapi artikel tersebut tidak terlalu poluler, anda bisa mabuat anchor text ke artikel lama yang tidak populer
Tujuanlainnya dari trik ini adalah mengurangi bounce rate. Memberikan achor text ke artikel lain yang terkait dengan pembahasan artikel yang sedang di baca pengunjung itu lebih baik, pengunjung akan lebih betah lama-lama di blog anda karena penasaran dengan anchor text yang menuju ke artikel dengan pembahsan yang masih sama. Ini penting karena google meperhitungkan bounce rate( rasio pentalan) untuk kenentukan suatu artikel bermanfaat atau tidak bagi pengunjung. pengujung yang cepat-cepat menutup suatu halaman yang mereka temukan di mesin pencari tentu saja akan berdampak buruk bagi blog sobat.
Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat link ke artikel lain sehingga tidak di anggap sepam oleh mesin pencari:
1. Archor text harus menuju ke artikel yang sama pembahasannya.
2. jangan terlau banyak membuat link di suatu artikel menju artikel lain karena bisa di anggap sepam oleh mesin pencar, sewajarnya saja maksimal 3 link.
3 namai link dengan nama sesuai judul artikel yang di tuju, jangan menamai "klik disini"
4. lakukan dengan teratur



Membuat artikel yang berkualitas



Jangan membikin pengunjung memberikan tanda tanya satelah membaca artikel anda, buatlah artikel yang membahas secara tuntas jangan setengah-setengah. Pembahasan yang menyeluruh akan memberikan kesan yang baik terhadap pembaca, karena persoalan yang mereka cari sudah terpecahkan setelah membaca artikel si blog sobat. Kemungkinan besar pengujung akan mengunjungi kembali dan mensubscribe blog anda. jangan lupa menggunakan trik yang sudah saya bahas di atas,


Penutup






hanya orang yang mau berusaha keras yang akan asukses, hanya sebagian kecil yang mau mempraktekan trik di atas sisanya hanya membaca saja tanpa action. saran saya buatlah artikel yang mementingkan kualitas dengan begitu pasti pengunjung akan kembali ke blog anda untuk membaca artikel lainya. Demikian artikel dari saya tentang Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO. salam


baca juga fungsi tag heading h1-h6 dan pengaruh dasyat pada seo





Artikel Terkait

Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email