Tuesday, 13 October 2015

Cara Melihat Backlink Blog Orang Lain Mudah

Peran backlink yang besar terhadap pringkat blog di mesin pencari, membuat banayak orang sedang menekuni hobi blog atau ngeblog untuk mencari uang, pasti akan  mencari baclink dengan cara natural dan ada juga yang spam. Backlink adalah salah satu faktor penting untuk google menentukan pringkat suatublog.
Dalam satu niche blog pasti ada kompetitor yang menggunakan niche yang sama dengan blog kita. Dan biasanya blog yang berada di pringkat atas SERP mempunyai jumlah backlink yang banyak, apalagi bila keyword yang di bidik memiliki banyak pesaing.
Apabila content yang anda buat yang membidik kayword high kompetitor belum juga menduduki pringkat di halaman 1 google atau bahkan berada di halaman 5 ke atas, Hal tersebut bisa juga disebabkan jumlah link dari luar yang menuju ke blog anda kurang/ backlink kurang. Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas memang tidak mudah, dari pada anda membangun backlink asal-asalan lebih baik melihat backlink yang di bangun oleh kompetitor yang blognya memiliki niche sama dengan blog kita.

Pentingkah melihat backlink kompetitor


Mengintip atau spying backlink kompetitor adalah suatu hal yang sering dilakukan oleh pakar SEO untuk melihat jumlah backlink, kualitas backlink,asal backlink dan trik yang dipake kompetitor dalam membangun backlink, dengan harapan mendapatkan backlink yang di bangun kompetitor.  Mengetahui bancklink yang di bangun oleh kompetitor sangat membantu kita mendapatkan backlink, kita bisa mangambil langkah lebih terarah dalam membangun backlink karena kita sudah melihat backlink milik kompetitor yang lebih dahulu menduduki pringkat 1 SERP.

Cara melihat backlink  blog orang lain


Untuk cara melihat backlink kompetitor, saya menggunkan tool online yaitu openlinkprofiler.org . Fasalitas yang di miliki oleh openlinkprofiler.org tidak sepenuhnya gratis, jadi apabila kita ingin mengunakan fasitlitas yang di sediakan oleh openlink secara penuh, kita harus membayar. Tapi kalau hanya untuk melihat backlink kompetitor,saya rasa menggunkan fasilitas gratis saja sudah cukup. Oke, sekarang langsung saja ke cara melihat backlink kompetitor, akan saya bagi dalam langkah demi langkah agar anda bisa mengikuti trik melihat backlink kompetitor yang saya bagikan

1. Masukan niche atau kata kunci yang sedang anda bidik di mesin pencari


Langkah ini dilakukan untuk mengetahui blog kompetitor yang lebih dahulu menduduki pringkat atas SERP dan memiliki niche atau keyword yang sama dengan yang kita bidik. Jika blog anda memiliki niche kesehatan, masukan keyword yang berhubungan dengan kesetan yang anda bidik, contohnya keyword “menurunkan berat badan” di  kolom pencarian. Maka akan mencul banyak blog yang menggunakan keyword yang sama.



2. Buka openlinkprofiler.org

Saatnya sekarang menggunakan tool openlink.org, pilih blog yang berada di pringkat atas pesin pencari, copas url nya, dan paste di kolom openlinkprofiler.org, maka akan muncul halaman seperti ini.




3. Filter LIS


LIS adalah kepanjangan dari link influence score, semakin tinggi skor LIS maka dampak yang diberikan dari backlink tersebut akan semakin bagus bagi blog.


fillter backlink yang skor LISnya di atas 50 % dan disitu akan muncul daftar backlink meliputi tempat menaruh link, anchor text yang di gunakan, niche blog yang memberi backlink dan tanggal penempatan backlink.

langkah selanjutnya yaitu meniru backlink yang digunakan oleh kompetitor, sebaiknya pelajari dulu backlinknya setelah itu baru membangun backlink. 

Sebenarnya masih banyak lagi tool untuk melihat sumber backlink kompetitor seperti ahref.com, opensiteexplorer.org dan lain lain. Tapi menurut saya yang paling mudah digunakan sementara ini menggunakan tool openlinkprofiler.org 

Sekian trik seo kali ini, kalo artikel trik SEO cara melihat backlink blog orang lain bermanfaat tolong like dan share. Thanks


baca juga ( cara menulis artikel SEO)



Artikel Terkait

Cara Melihat Backlink Blog Orang Lain Mudah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar: