Thursday, 15 October 2015

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool Terbaru

Setiap blogger, khususnya blogger pemula, pasti menginginkan blog dan content yang dibuatnya muncul di mesin pencari google. Memang sampai saat ini hanya google, mesin pencari yang digunakan oleh sejuta umat. dipastikan apabila content yang anda buat, muncul di halaman satu google, maka content tersebut akan banyak di lihat oleh banyak orang, sesuai keyword yang mereka cari.

Sebenarnya content yang kita buat secara otomatis akan di index oleh google, tapi itu membutuhkan waktu karena robot google tidak setiap saat merayapi blog kita untuk mengambil data blog kita yang nantinya akan di simpan di data base google.

Buat apa menunggu kalau kita bisa menghampiri. Daripada kita menunggu robot google mampir di blog kita dan menunggu itu membosankan, lebih baik kita yang mengunjungi robot google, dengan meletakan sitemap blog kita ke google dengan bantuan webmaster tool yang sekarang sudah berubah nama menjadi search console. Webmaster tool adalah tool yang disediakan oleh google untuk para webmaster, agar blog dan content yang mereka buat lebih cepat terindex oleh google.

Dengan menambahkan peta situs kita ke webmaster tools, google akan lebih mudah dan cepat mengenali strukture dan url-url blog anda secara keseluruan untuk di tambahkan ke data base google. Dengan begitu blog kita lebih cepat terindex oleh mesin pencari google dan berkesempatan menempati halaman pertama google.

Fungsi lainnya bagi pemilik blog yaitu mengetahui interaksi robot google dengan halaman-halaman yang ada di blog, yang nantinya bisa di analisis dan membuat langkah strategi kedepannya untuk kebaikan blog.

Syarat untuk bisa menggunakan webmaster tool adalah memiliki email gmail, layanan email milik google. untuk tutorial cara membuat email di gmail, anda bisa baca di cara membuat email di gmail.

lok langsung saja kita langsung kepada cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools






Saat masuk ke search console, gunakan email blogger anda, sehingga tidak usah melakukan verifikasi dengan menggunakan kode. tapi jika tetap saja meminta versivikasi kode, lakukan langkah di bawah ini.




  • Tambahkan properti 




tambahkan situs domain anda di kolom, dan klik tambahkan properti


pilih mode alternatif, pilih tag HTML dan sematkan kode tersebut di atas kode
di template blogger anda, gunakan ctrl+F untuk mempermudah pencarian kode.

setelah berhasil terverivikasi, klik lanjutkan.

pilih menu perayapan di sebelah kiri, dan pilih peta situs,
Tambahkan peta situs, masukan sitemap.xml, klik mengirim peta situs

Selesai sudah cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools dan menambahkan sitemap.

seiring bertambahnya artike di blog anda, lebih baik anda juga sering update sitemap ke google webmaster tool.


Tolong share artike ini, sehingga saya lebih semangat lagi membuat tutorial berikutnya, Thanks :)

baca juga cara melihat backlink blog orang lain



Artikel Terkait

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool Terbaru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email