Wednesday, 25 November 2015

11 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting dan berharga, tanpa mata kita tidak bisa melihat keindahan dunia ini dan melakukan aktifitas sehari-hari. Maka dari itu menjaga mata agar tetap sehat merupakan kewajiban bagi orang yang ingin hidup sehat.

Aktifitas sehari-hari seperti membaca buka terlalu lama, menatap layar komputer dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan mata lelah dan berakibat penyakit mata seperti rabun jauh, rabun dekat, hipermetropi dan lain sebagainya. Beberapa penyakit mata tersebut bisa menimpa anda, seperi miopi yang banyak menimpa para pelajar karena kebanyakan membaca buku. Untuk lebih jelasnya agar mata kita tetep sehat, berikut saya berikan cara menjaga mata secara alami.

Buah dan sayur banyak mengandung zat yang mampu menjaga kesehatan mata, makan buah dan sayur jangan sampai diabaikan untuk mendukung kesehatan mata.
Cara Menjaga Kesehatan Mata

  • Untuk mengurangi keletihan dan kantung mata, ambilah irisan ketimun untuk mengopres mata selama 10 menit sebelum tidur pada malam hari, lebih baik lagi kalo mentimunnya di taruh di dalam kulkas sebelum untuk mengopres mata.
  • Menjaga kesehatan mata dan akomodasi mata, bisa anda lakukan dengan banyak mengkonsumsi wortel, wortel mengandung betakaroten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan menjaga akomodasi mata.
  • Jangan terlalu lama menatap layar komputer maupun laptop, anda bisa istirahat sejenak setelah 20-30 menit menatap komputer dan lihatlah pandangan di luar rumah. Jaga jarak anda dengan layar monitor, lebih bagus lagi pasang filter monitor agar mata tidak silau.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan tetes mata, apalagi sampai ketergantungan.
  • Usahakan jangan mengucek mata ketika tangan anda kotor atau habis memegan sesuatu, karena hal tersebut akan berakibat pada infeksi pada mata anda.
  • Pakailah kacamata pelindung uv, gunakan lensa yang terpolarisasi, berguna untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari.
  • Jangan membaca buku dalam cahaya yang redup, dikarenakan mata akan cepat lelah, istirahatlah jika mata sudah lelah.
  • Cobalah memfokuskan mata pada satu objek yang dekat dan beralih ke objek yang jauh, ulngi proses ini berkali-kali. Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya. 
  • Jangan melihat cahaya yang terlalu terang, menatap sinar matahari secara langsung bisa menyebabkan kerusakan pada mata
  • gunakan kacamata atau pelindung mata lainnya saat bekerja dengan bahan kimia atau partikulat udara yang berbahaya.
  • Hindari penggunaan lensa mata lebih dari 19 jam, ini dapat merusak mata anda secara permanen.
 Menjaga kesahatan mata dengan mencegah itu lebih baik, mata adalah anugrah Tuhan yang perlu di jaga, rawatlah mata anda jika anda masih ingin terus melihat indahnya dunia.



Artikel Terkait

11 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email