Monday, 28 December 2015

15 Misteri Bawah Laut yang Belum Terpecahkan

Di dunia ini memang banyak sekali misteri yang belum terpercahkan, bahkan sampai menimbulkan spekulasi dan pertanyaan yang membuat orang awam seperti kita terheran-heran tentang fenomena yang terjadi.

Di kedalaman laut yang paling dalam yang jarang sekali di jamah oleh manusia membuat banyak fenomena yang terjadi di dalamnya karena sulitnya para ilmuan untuk meneliti fenomena yang terjadi.  Berdasarkan riset terakhir, hanya 5 % saja bagaian laut yang telah terjamah manusia, bahkan untuk menjelajah laut yang paling dalam lebih sulit daripada melakukan perjalanan luar angkasa.

Misteri bawah laut seperti kejadian aneh dan peristiwa yang terjadi di laut akan kami rangkum untuk menambah wawasan anda, atau mungkin anda ingin menjadi orang yang pertama memecahkan misteri yang terjadi di laut berikut ini.

Bakteri zaman Dinosaurus

 Misteri Bawah Laut yang Belum Terpecahkan

Banyak orang yang masih mempertanyakan keberadaan Dinosaurus sebagai hewan punah yang pernah hidup di bumi ini. Namun apa yang telah para peneliti ini temukan mungkin akan sedikit banyak mengejutkan siapapun yang mengetahuinya.
Yah, pada tahun 2012 lalu, mikroba dari era Dinosaurus ditemukan di dalam air laut yang sangat dalam sekali. Namun tentu mereka tak lagi hidup akibat tak mampu mempertahankan metabolisme di dalam air. Selain itu, mikroba ini pun sangat tersembunyi dan sudah ada sejak 86 juta tahun lamanya. Percaya atau tidak ?

Baltic Anomaly

 Misteri Bawah Laut yang Belum Terpecahkan

Baltic anomaly adalah benda yang masih misterius dan belum teridentifikasi benda apakah itu. Benda ini ditemukan di Laut Baltic, beberapa orang mengatakan bahwa benda tersebut adalah artefak yang berasal dari zaman es atau merupakan alat anti-kapal selam milik NAZI. Anehnya alat-alat elektronik akan secara tiba-tiba berhenti berfungsi apabila berada 650 kaki (200 m) dari benda ini dan terdapat sinyal radio yang kuat yang berasal dari benda aneh ini.

Bakteri Lantai Bawah Laut

 Misteri Bawah Laut yang Belum Terpecahkan

Kalian mungkin berpikir bahwa hewan mana yang dapat hidup di lantai bawah laut yang paling dasar. Namun, baru-baru ini ilmuwan menemukan bakteri yang hidup di kedalaman 1,000 kaki di kedalaman laut. Ditemukan dengan cara mengebor batuan sedimen dan kerak bumi, bakteri ini hidup dengan cara memakan hasil residu dari jutaan tahun yang lalu.

Gurita Raksasa yang melegenda

 Misteri Bawah Laut yang Belum Terpecahkan

Tidak ada daftar penemuan bawah laut aneh yang lengkap tanpa binatang tentakel raksasa legenda. Diketahui dari mayat yang ditemukan oleh nelayan yang telah terdampar di pantai selama berabad-abad. Dan diperkirakan ini menjadi bukti adanya hewan yang memiliki ukuran lebih dari 40 meter panjangnya.
Pengamatan pertama dari cumi-cumi raksasa itu dinyatakan pada tahun 2001. Namun walau masih belum terdapat bukti otentik, beberapa orang meyakini adanya cumi-cumi legenda tersebut. Bagaimana menurut Anda

Hilangnya Empat Kapal Selam di Tahun 1968

Misteri Bawah Laut yang Belum Terpecahkan

 Pada tahun kelam ini empat kapal selam dari empat negara hilang tanpa jejak. Berbagai teori pernah diungkapkan namun tidak satupun yang dapat memberikan jawaban jelas bagaimana kapal USS Scorpion (Amerika Serikat), INS Darak (Israel), Minerve (Perancis), dan K-129 ( Uni Soviet) tersebut menghilang.

Leptochepalus Giganteus

Misteri Bawah Laut yang Belum Terpecahkan

Hanya terdapat 2 belut dari spesies Leptochepalus giganteus yang pernah ditemukan dan keduanya masih berupa larva. Ditemukan di Pesisir Afrika Selatan dengan panjang 6 kaki dan yang satunya lagi yang hampir memasuki tingkat dewasa dengan panjang 21 meter atau 70 kaki. Bayangkan dengan ukuran yang sangat panjang tersebut mengingat belut ini masih berupa larva.

Atlantis Jepang

15 Misteri Bawah Laut yang Belum Terpecahkan

   Negeri matahari terbit ternyata punya juga punya atlantis. Tahun 1986 seorang penyelam lokal menemukan reruntuhan kastil dengan lima candi di Yonaguni Jima, sebuah pulau di bagian selatan Jepang. Beberapa orang percaya bahwa reruntuhan tersebut terkubur dalam di lautan karena gempa bumi yang dahsyat.

Fenomena Laut Susu

15 Misteri Bawah Laut yang Belum Terpecahkan

   Sejumlah nelayan pernah melaporkan keadaan dimana laut tiba-tiba berubah warna menjadi putih, pucat, dan bercahaya. Para peneliti memang telah menemukan bahwa sejumlah bakteria di lautan akan bercahaya untuk menarik ikan calon inang mereka. Akan tetapi hingga sekarang peneliti masih belum mengetahui apa alasan mengapa tiba-tiba triliunan bakteri itu bercahaya di lautan. 

Bekas Apollo 11

misteri bawah laut


Pada bulan Maret 2013, CEO Amazon Jeff Bezos tampaknya memutuskan bahwa sudah waktunya untuk melakukan sesuatu yang benar-benar gila. Dan benar saja, ia pun memutuskan untuk mencari pesawat lepas landas Apollo 11 yang dulunya digunakan untuk pergi ke luar angkasa.
Dan benar saja, rongsokan itu telah berbaring di dasar laut sejak diluncurkan kerajinan pada tahun 1969. Artefak zaman modern itu ditemukan secara rahasia, dan tetap tertutup sampai mereka bisa diidentifikasi secara positif sebagai dari penerbangan legendaris. Kedua mesin dan bagian yang ditemukan saat ini sedang dipulihkan sebelum mereka akan dipajang di Kansas Cosmosphere dan Space Center.

 Mariana Trench Mystery Shark

misteri bawah laut

Palung Mariana adalah palung yang paling dalam yang pernah diketahui. Pada saat meneliti kehidupan bawah laut di titik paling dalam Suruga Bay, ilmuwan Jepang menaruh umpan untuk menarik perhatian makhluk laut. Sesuatu hal yang tidak mereka duga adalah hiu dengan ukuran kurang lebih 30 kaki akan muncul. Beberapa diantaranya mengatakan bahwa hiu itu adalah Hiu Sleeper Pasifik terbesar yang pernah ditemukan. Namun, beberapa diantara mereka juga mengatakan hal ini adalah bukti bahwa ikan zaman purba Megalodon masih ada.

Insiden di Shag Harbour



misteri bawah laut

 Sebuah UFO yang lampunya berkedip-kedip disaksikan orang jatuh di perairan Shag Harbour, Nova Scotia, Kanada. Laporan itu diselidiki oleh polisi sipil Kanada dan juga militer dari instansi Pemerintah Kanada dan Komite AS. Meski penyelidikan dan pencarian berlangsung amat intens, tidak ada satu pun bukti atau jejak-jejak UFO yang pernah ditemukan.

Satu Set Meriam Bajak Laut

misteri bawah laut

Pada 1718, bajak laut legendaris yang dikenal sebagai Blackbeard harus kehilangan kapalnya setelah terdampar di perairan dangkal di lepas pantai Beaufort. Dan kapal yang pada akhirnya harus tenggelam itulah yang lantas menjadi sebuah misteri yang belum terungkap dari segi kisah maupun bukti otentik.
Hingga di tahun 2013 ini, North Carolina's Department of Cultural Resources terkejut dengan apa yang selama ini masih menjadi pertanyaan besar mereka. Yah satu set meriam yang berjumlah 20 buah ditemukan di dasar laut dengan berat 1000 kilogram. Dan kabarnya, sebelum dipamerkan, beberapa meriam ini akan diteliti dan dipulihkan hingga 2014 nanti.

Bloop

misteri bawah laut

Bloop adalah suara yang terekam oleh NOAA (Merupakan badan ilmiah yang berfokus pada kondisi samudra dan atmosfer) di Samudra Pasifik. Namun, apa yang membuat suara ini unik adalah suara ini terdeteksi oleh stasiun monitor yang berjarak 3,100 mil jauhnya. Meskipun sekarang NOAA telah menyimpulkan bahwa suara tersebut berasal dari pecahnya gletser, namun ada pula ilmuwan yang masih percaya bahwa suara tersebut berasal dari makhluk laut yang sangat besar.

Segitiga Bermuda

misteri bawah laut
Baca juga misteri yang belum terpecahkan
Segitiga bermuda atau biasa juga disebut segitiga setan adalah sebuah wilayah lautan yang sangat terkenal akan kemisteriusannya. Terletak di Samudra Atlantik, lautan ini mengandung misteri yang sangat luar biasa terkenal. Beberapa diantaranya adalah menghilangnya kapal dan pesawat secara tiba-tiba di daerah ini dan sering dikaitkan dengan adanya aktivitas alien serta makhluk-makhluk mitologi dan juga berhubungan tentang adanya gerbang menuju dunia lain. Diketahui pula terdapat adanya piramid raksasa yang mungkin lebih besar dari piramid di Mesir. Beberapa penjelasan hilangnya kapal dan pesawat di daerah ini adalah muatan berlebihan, gas methana dan pusaran air, gempa laut serta gelombang besar, gravitasi, adanya pangkalan UFO, serta adanya lorong waktu.
Baca juga segitiga bermuda adalah pusat kerajaan setan

Jalan Setapak Bimini

misteri bawah laut

Bimini Road, kadang disebut juga Bimini Wall, merupakan formasi batuan bawah laut dekat pulau Bimini di Bahama. Formasi ini terdiri dari batu-batuan persegi panjang, poligon, kotak dan bentuk lain yang tidak beraturan, dan semua menyerupai sebuah jalan setapak, dinding, ataupun struktur lain buatan manusia. Beberapa berpikir bahwa ini adalah bukti dari Atlantis.





Artikel Terkait

15 Misteri Bawah Laut yang Belum Terpecahkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 komentar