Sunday, 14 February 2016

5 Fakta Tentang Cinta yang Wajib Kamu Tahu


Cinta sebuah kata yang digunakan sebagai dasar suatu hubungan sepasang kekasih. Cinta ada sejak diciptakannya manusia kebumi ini, itu menunjukan betapa pentingnya cinta dalam kehidupan ini. Ya tanpa adanya cinta pastilah peradaban dunia ini tidak ada, karena manusia melakukan sesuatu dengan maksimal atas dasar adanya cinta.

Bicara masalah cinta ni bor n sest, ternyata banyak fakta cinta yang bro n sest belum ketahui. Untuk menambah pengetahuan kita tentang cinta, saya rangkum beberapa fakta cinta dari berbagai sumber dan saya ambil 5 fakta yang paling wow.. Apa saja 5 fakta tentang cinta tersebut... simak selengkapnya.

Asal-Usul Hati dijadikan Lambang Cinta


Hati manusia sampai sekarang masih dijadikan sebagai perlambang rasa cinta. Dalam masyarakat jawa, simbol cinta biasanya di gambarkan dengan gambar waru. Tapi tahukah kamu sejarah sebenarnya tentang hati sebagai perlambang cinta?

Lambang berbentuk hati memiliki sejarah yang berbeda-beda, awal mula lambang cinta berbentuk hati tersebut tenar di era victoria yang berlangsung di inggris pada tahun 1837 sampai 1901
Namun, sampai saat ini belum ada yang bisa memberi kepastian, bangsa mana yang 1 kali mencetuskan ide tersebut dan tahun kapan diciptakan. Versi lainnya bahwa simbol hati mulai digunakan oleh gereja Katolik pada akhir abad ke-17.

Fakta ini didasarkan pada penyataan seorang biarawati prancis Saint Margaret Marie Alacoque. Marie memberikan pernyataan dirinya melihat mahkota yang ujungnya runcingnya berrias gambar hati lambang cinta. Selain di mahkota, simbol hati ini juga dilihatnya di dekorasi jendela bangunan yang ada saat itu, seperti dilansir Heartsmith.



Jatuh cinta menjadikan orang kurang produktif


Cinta sebagai hal yang menarik untuk dirasakan oleh setiap orang yang mempunyai pasangan, hal tersebut akan lebih marik lagi bila kamu membaca penemuan terbaru para peneliti ilmuan tentang cinta.

Seperti dalam jurnal Motivation and Emotion dan dilakukan periset Henk van Steenbergen dengan rekan kerjanya dari  University of Maryland dan Leiden University .

Steenbergen menganalisa bagaimana 43 peserta sedang menjalani hubungan baru (kurang dari enam bulan) melaksanakan tugas-tugas tertentu, seperti memisahkan informasi yang relevan dan tidak relevan. Hasilnya menunjukkan bahwa tingginya gairah cinta pada individu pada tahap awal hubungan yang romantis memiliki kaitan dengan berkurangnya kontrol kognitif.

Berarti, pikiran para peserta didominasi oleh orang yang mereka cintai, sehingga kemampuan berkonsentrasi mereka berkurang. Saat konsentrasinya berkurang mereka pun tidak maksimal dalam melakukan pekerjaannya.

Pria lebih suka dengan wajah yang cantik daripada tubuh sexy lhoo


Seorang cowok yang mencari pasangan untuk sekedar pacaran jangka pendek lebih tertarik pada tubuh si cewek, sementara cowok yang menginginkan sebuah hubungan jangka panjang lebih tertarik pada wajah cewek, Seperti penelitian dari para psikolog dari The University of Texas di Austin.

Menurut penelitian yg sebelumnya, tubuh cewek secara umum menunjukkan tanda akan kesuburan, sementara wajah seorang cewek menunjukkan nilai reproduktif secara jangka panjang. Jadi penemuan baru ini menunjukkan bahwa cowok mengalami adaptasi dalam psikologis ketika mencari pasangan untuk hubungan jangka pendek, mereka mencari pasangan yang bagus.
Cewek tidak menunjukkan perbedaan secara signifikan apakah para cewek lebih tertarik pada wajah atau tubuh cowok ketika mencari pasangan, menurut studi yang diterbitkan dalam sebuah jurnal Evolution and Human Behaviour.

Penelitian yg sebelumnya telah mempelajari hal apa saja yang membuat tubuh atau wajah seseorang menarik, seperti simetris dan rasio pinggang ke pinggul. Tapi hal ini adalah penelitian pertama kali yang menganalisa hubungan antara wajah dan tubuh secara menyeluruh.

Nama penyakit cinta adalah Philophobia


Philophobia sendiri berasal dari bahasa yunani "Philo" yang artinya cinta dan "phobia" bisa berarti takut. Philophobia yaitu suatu penyakit mental dalam diri seseorang yang takut untuk jatuh cinta atau dicintai. Yang mempunyai penyakit ini biasanya pernah mempunyai pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain terhadap hal-hal yang tidak menyenangkan dalam percintaan.  pengidap Philophobia akan merasa gelisah, takut, menunjukkan permusuhan, kebencian, diskriminasi dan berprasangka buruk terhadap apa saja yang berkaitan dengan cinta.

Philaphobia disebabkan karena penderita pernah mengalami kekecewaan, ketakutan, atau patah hati yang mendalam sehingga mengakibatkan perasaan kecewa, malu, sakit, sedih yang teramat dalam dimana semuanya terrekam dalam pikiran bawah sadar.

Pasangan yang menikah karena bertemu di internet, kemungkinan besar akan bercerai


Semakin mudahnya berinteraksi dengan orang lain di era mediasosial ini, membuat sebagian orang memilih medsos sebagai tempat mencari pasangan. Seperti penelitian yang dilakukan situs kencan eHarmony pada 2013, sepertiga pernikahan di Amerika diawali dari hubungan di dunia maya.

Yang menjadi permasalahan adalah, bagaimana hubungan mereka berjalan setelah keduanya benar-benar hidup di dunia nyata? Adita Paul, penulis studi yang pernah menggelar survei bertema How Couples Meet and Stay Togethermengungkapkan, cara kita bertemu pasangan ada kemungkinan memengaruhi kelanggengan hubungan.

Berdasarkan studi yang melibatkan 4.002 orang tersebut, 8 persen dari pasangan menikah yang berkenalan di internet akhirnya berpisah atau bercerai. Pada pasangan yang bertemu di dunia nyata, kemungkinannya untuk berpisah adalah 2 persen.

Hampir sepertiga dari pasangan yang bertemu secara online akhirnya berpisah dalam setahun. Sedangkan mereka yang berjumpa di dunia nyata angka perpisahannya adalah 23 persen. Penelitian bisa menjadikan acuan bagi bro n sest untuk berhati-hati dalam mencari pasngan di dunia maya.

Itulah fakta yang berkaitan dengan cinta. Semoga bro n sest bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat dari fakta cinta diatas. Thanks

baca juga info menarik lainnya : 5 fakta tentang ciuman yang mencengangkan




Artikel Terkait

5 Fakta Tentang Cinta yang Wajib Kamu Tahu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email