Sunday, 7 February 2016

7 Fakta Unik Jepang yang Wajib Kamu Ketahui

Fakta Unik Jepang


Negara yang mengagumkan ini, memang banyak menyita banyak perhatian semua orang di berbagai negara. Kemajuan negara jepang dan tradisi disiplinnya pun banyak di tiru negara lain, berbagai keunggulan dan kelebihan negara yang dijuluki matahari tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadi tempat yang patut dikunjungi.

Jepang yang sangat populer dengan animenya dan ceweknya yang bening-bening sampai sisi gelapnya yakuza, pasti semua sudah pada tahu dengan hal tersebut. Tapi masih banyak keunikan yang masih sedikit orang tahu dari jepang. Apa saja keunikan tersembunyi tersebut, simak selengkapnya.

1. Hotel Tertua didunia


Jepang mempunyai hotel yang beroprasi sejak tahun 705 yang bernama Nisiyama Onsen Keunkan. Hotel ini telah tercatat di buku rekor dunia Guiness, Menurut buku Guiness hatel ini adalah satu-satunya hotel tertua yang masih beroprasi sampai sekarang. Pememilik hotel ini sekarang sudah memasuki generasi ke 50 dari keturunan yang sama dari pertama beroprasi hingga kini. Karena hotel ini telah menarik perhatian, staffnya berkomitmen untuk selalu menjagi hotel tertua didunia tersebut.


2 Bunga Sakura


Para pecinta anime pasti sudah sangat akrab dengan bunga yang satu ini, karena biasanya muncul sebagai latar belakang di anime. Bunga yang satu ini sangat spesial di jepang, soalnya pohon sakura hanya berbunga selama 2 minggu selama setahun dan selama 2 minggu tersebut pohon sakura tidak terlihat daunnya, hanya bunga yang berwarna. Setelah 2 minggu kemudian, baru terlihat daun-daun yang hijau.


3. Kreta Melayang dia Atas Rell


Jepang memampunyai kereta yang berteknologi magnetik dan mampu melesat bagaikan peluru, maglev yang melesat sampai kecepatan 581km/jam. dan uniknya kereta ini melayang 10 cm diatas rell.


4. Pulau Kelinci


Jika kamu ingin melihat kelinci yang lucu berlarian bebas di alam, maka patut dicoba mengunjungi pulau okunoshima. Pulau yang luasnya 700.000 meter persegi ini dihuni sekitar 300 kelinci. Walaupun pulau ini dihuni hewan lucu, namun dahulunya mempunyai sejarah yang kelam.

Pada saat perang dunia ke 2,  tentara kekaisaran jepang menggunakan pulau ini sebagai pabrik kimia berbahaya dan dirahasiakan dari orang umum, saking rahasianya, selama 16 tahun pulau okunoshima dihilangkan dari peta. Baru setelah perang usai, pemerintahan jepang mencoba memulihkan keadaan pulau okunoshima dari pencemeran bahan kimia. Untuk memastikan kondisinya benar-benar aman maka dilepaslah klinci percobaan di pulau tersebut, karena tidak ada predator, klinci di okunoshima berkembang pesat.


5 Budaya Naik Eskalator


Saat kita naik eskalator di indonesia, kita bisa seenaknya. Tidak dengan di jepang, dengan aktifitas yang serba sibuk dan harus tepat waktu, orang jepang memiliki kebiasaan menaiki eskalator demi kepentingan orang lain. Budaya naik eskalator di jepang adalah naik di salah satu sisi eskalator, pada umumnya di sebelah sisi kiri, dan membiarkan sisi kanan kosong, hal tersebut mereka lakukan untuk memberikan ruang jalan untuk orang yang sedang terburu-buru menaiki eskalator.

Budaya naik eskalator di setiap tempat juga bebeda, terutama di Tokyo dan Osaka. Tokyo menerapkan aturan tidak tertulis, menaiki eskalator di sebalah kiri, Karena Tokyo menjadi ibukota di jepang dan menjadi kota terbesar, sebagian besar wilayah di jepang meberlakukan menaiki eskalator di sebelah kiri. Lain lagi di Osaka, disana memberlakukan menaiki eskalator di tepi kanan, dengan alasan tangan kanan lebih umum digunakan di masyarakat Asia.


6. Berumur Panjang


Jepang adalah negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia, 80 tahun untuk pria, 85 tahun untuk wanita. Dari 10 daftar wanita dengan umur terpanjang, 4 diantaranya berasal dari Negeri Matahari terbit ini, untuk pria yang berumur paling panjang di dunia, di pegang oleh pria yang berasal dari jepang , dengan umur 111 dan 112 tahun.

Tingginya angaka harapan hidup di negeri Jepang, dapat dicapai karena fasilitas kesehatan yang lengkap dan canggih, kebiasaan masyarakat yang hidup bersih dan disiplin, tersedianya fasilitas kesehatan untuk manula dan pola makan yang sehat.

7.  Tertidur di Kantror Sangat di Hormati (inemuri)


Dinegara lain dan indonesia sendiri tertidur saat bekerja, sudah dipastikan akan mendapatkan teguran dari atasan yang segera melayang padanya. Bedalagi dengan dijepang tertidur saat bekerja malah sangat dihormati.

Inemuri, dalam bahasa indonesianya bisa diartikan "Tidur saat bekerja" ,yaitu kondisi dimana seseorang kedapatan tertidur saat bekerja. Tentunya pada hal ini tidak disengaja, bukan sengaja membawa bantal dan kasur untuk sengaja tidur dikantor. Orang yang melakukan inemuri dianggap pekerja keras yang rela memangkas waktu tidur malamnya untuk bekerja.



Itulah beberapa fakta unik tentang negara jepang, semoga bisa menjadi refrensi anda, untuk sekedar menambah informasi atau bagi kamu yang mau pergi ke jepang. Thanks


baca juga fakta hebat otak manusia



Artikel Terkait

7 Fakta Unik Jepang yang Wajib Kamu Ketahui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email