Thursday, 11 February 2016

7 Hewan Tercepat di Air yang Mengagumkan

Hewan memang dibekali kelebihan oleh tuhan sejak mereka lahir. Kelebihan yang terdapat pada hewan salah satunya adalah kecepatan. Para binatang menggunakan kecepatan yang mereka miliki untuk menghindari para predator yang mengancam keselamatan mereka.

Jika berbicara hewan tercepat di daratan, pasti kamu langsung terlintas cheetah di pikiran kamu. Tapi tahukah kamu hewan yang tercepat di air atau ikan dengan berenang tercepat. Itulah yang akan sukaon bahas menjadi sajian menarik untuk dibaca dan tentunya menambah wawasan kamu tentang ikan. hhm mau bahas ikan malah lapar :D ..Oke simak selengkapnya.

7. Barakuda


7 Hewan Tercepat di Air yang Mengagumkan

Ikan yang terkenal dengan bentuk yang menyeramkan dan sifatnya yang agresif, Membuat ikan barakuda ditakuti oleh para penyelam. Ikan ini akan menyerang jika di ganggu, ikan ini juga suka dengan barang yang mengkilap. Jika para penyelam menggunakan barang yang mengkilap kemungkinan besar barakuda akan menyerang dengan diam-diam dan tiba-tiba syuttt kuping kamu hilang,,wahh ngeri yah.

Reputasi seram disandang oleh barakuda karena giginya yang tajam dan tidak segan-segan menyerang siapapun yang mengancam barakuda. Jenis barakuda yang paling ditakuti adalah "Great Baracuda" atau sebutan lainnya "The tiger of the sea" karena ukurannya yang besar untuk ikan yang mempunyai kecepatan maksimum 58 km/jam.

6. Bonefish


Siapa sih yang belum tahu bonefish, bone artinya tulang dan fish adalah ikan, ikan yang terkenal banyak tulang/durinya adalah ikan bandeng. Benar sekali ikan bonefish masih satu keluarga sama ikan bandeng. Di indonesia biasanya menyebut ikan ini dengan sebutan ikan bandeng curut atau cecurut. Aneh ya namanya, pemberian nama tersebut tidak terlepas dengan moncong ikan ini yang mirip curut. Banyak juga yang menyebut ikan bonefish dengan sebutan ikan torpedo, ikan bonefish memang terkenal dengan kecepatan berenangnya.

Ikan bonefish bisa mencapai berat 8,6 kg dan panjang 90 cm. Warna tubuhnya bercirikan warna dasar keperakan dengan sirip gelap bergaris. Dasar dari sirip dada berwarna kuning. Hidup di perairan tropis, suka mencari makan di rawa saat rawa dangkal.

Karena kecepatannya saat berenang, ikan ini sangat disukai oleh para pancing mania, terlebih kecepatannya saat menyambar umpan dan sanggup terbang saat hook up. Karena hal tersebut, ikan bonefish sering dijadikan sebagai target fly fishing dan sering menjadi target flay fishing internasional.

Walau ikan ini tergolong ikan kecil, tapi soal kecepatan berenang jangan diragukan lagi. Ikan bonefish mampu berenang dengan kecepatan maximum 64 km/jam. Kecil-kecil hebat juga ni ikan.

5. Tuna


7 Hewan Tercepat di Air yang Mengagumkan

Ikan tuna merupakan jenis ikan cepat dan sering bergerombol dengan ikan sejenisnya. Janis ikan ini sering melakukan perjalanan jauh secara bersama. misalnya ribuan ikan tuna sirip biru selatan (southern blue fin tuna) bisa berpindah dari Samudera Hindia ke sebelah barat Benua Australia hingga Samudera Selatan dekat Kutub. Jarak ribuan kilometer itu ditempuh dengan kecepatan tinggi sehingga jenis ikan pelagis ini tergolong sulit ditangkap.

Bicara masalah kecepatan ikan tuna saat berenang, ikan ini tergolong ikan dengan kecepatan renang tinggi. Maksimum kecepatan tuna adalah 70 km/jam.

4. Wahoo


Ikan yang masih satu famili dengan ikan king fish ini bisa disebut di indonesai dengan nama dengan sebutan ikan tenggiri laki. Dikarenakan ikan wahoo mirip dengan ikan tenggiri dengan warna tubuh abu-abu terang. Yang membedakan antara ikan tenggiri dengan ikanwahoo adalah garis garis vertikal yang melintang di tubuhnya berwarna hijau atau biru, perbedaan lainnya yatu bentuk gigi yang membedakan antara ikan wahoo dan ikan tenggiri.

Ikan wahoo merupakan ikan predator atau pemangsa, yang biasanya hidup berkumpul atau sendiri-sendiri di wilayah tropis dan subtropis dengan bobot bisa mencapi 5-20kg. Ikan wahoo berhabitat di tubir karang dan bermigrasi ketempat yang banyak terdapat makanan yang lebih kecil darinya, sehingga ikan wahoo tidak perlu mengunyagnya terlebih dahulu.

Dalam kondisi tetentu ikan wahoo dapat melipat sirip-siripnya, sehingga membentuk seperti peluru kendali untuk mengurangi faktor tekanan/resistensi di dalam air dan mencapai kecepatan tertinggi di air. Ikan wahoo menggunakan kecepatan mereka untuk menghindari dari ancaman dan menangkap mangsa. Para peneneliti dalah bidang perikanan pernah mencatat rekor kecepatan ikan wahoo sampai 75 kilometer per jam.

3. Swordfish (Ikan Todak)



Ikan yang mempunyai moncong panjang ini biasanya lebih familiar di masyarakat dengan sebutan ikan pedang atau ikan moncong keluar. Swordfish merupakan jenis ikan laut yang memiliki rahang atasnya dan moncongnya memanjang seperti pedang pipih yang kuat. Moncongnya panjangnya hampir 1/3 panjang badannya.

Saat terjadi musim salju, ikan swordfish akan bermigrasi mencari perairan yang lebih hangat. Ikan ini mempunyai ciri fisik bagian atasnya memiliki warna coklat kehitaman dan bagian bawahnya memiliki warna abu-abu kehitaman serta bagian sirip yang berwarna coklat tua. Swordfish sedikit memiliki sisik dan gigi. Dia juga dikenal dengan moncong panjang dan kuat seperti disdbutkan di atas.

Bicara masalah kecepatan berenang si swordfish, pasti akan membuat kamu terkagum-kagum. Karena swordfish tergolong ikan dengan kecepatan berenang cukup tinggi. Kecepatan berenang swordfish mencapai 96 kilometer per jam.

2. Blaack Marlin



Banyak orang yang menjadikan Black Marlin sebagai permainan utama dalam olahraga mancing. karena tubuhnya yang besar dan kecepatannya yang fantastis, marlin ini populer di streker pemancing. 

Black Marlin adalah sodaranya marlin biru di Atlantik, yang mampu tumbuh hingg panjang 5 m dan beratnya 670 kg. Kalo dibuat ikan kuah kuning, pasti kenyang sampe sebulan tuh :D. 

Dibandingkan marlin putih sodaranya lagi, Black marlin mempunyai tubuh yang lebih solid. Black marlin adalah satu-satunya ikan dari keluarga marlin yang memiliki sirip yang kaku. Pada tahun Greenpeace menetapkan blackmarlin sebagai ikan yang tidak boleh ditangkap lagi.

Ikan black marlin memiliki kecepatan berenang mencapai 80 mph atau 130 kilometer per jam. Menjadikan marlin sebagai salah satu ikan tercepat didunia.

1. Sailfish


7 Hewan Tercepat di Air yang Mengagumkan

Cheetah yang telah dinobatkan sebagai hewan dengan lari tercepat yang mencapai 110 km/jam, Kalau cheetah membaca artikel ini mungkin cheetah tidak bisa menyombongkan diri lagi, setelah mengetahui ternyata ada hewan selain dirinya yang sama-sama cepat. 

Sailfish adalah ikan yang mampu menandingi kecepatan cheetah. Dengan badan yang lurus, kaku, meruncing dan memmiliki ekor seperti gunting, ikan ini memang diciptakan Tuhan untuk berenang cepat. Pergerakan yang cepat sailfish dikarenakan memiliki otot yang kuat, untuk menggerakan ekornya kedepan dan kebelakang dengan sangat cepat hingga ratusan kali.

Kecepatan ikan sailfish juga didukung pergerakan siripnya yang cepat. Terutama sirip punggung yang mempunyai bentuk lebar. Siripnya tersebut dapat mengurangi efek tarikan dan efek resistansi terhadap pergerakannya. Tulang punggu yang fleksible juga menambah daya dorong sailfish saat berenang.

Kecepatan ikan ini sangat mengagumkan. Dengan sepeda motor bebek bisa dibilang kecepatannya hampir sama. Ikan sailfish mampu berenang dengan kecepatan maksimum 70 mil perjam atau 113 kilometer/jam. WOW . Kalau kalian mancing di laut terus umpan kalian dimakan ikan sailfish.. hati-hati tuh. bisa bisa bukan kamu yang narik ikannya. Malahan ikannya yang narik kamu :D .cieee tarik-tarikan  :D








Artikel Terkait

7 Hewan Tercepat di Air yang Mengagumkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email