Monday, 29 February 2016

Cara Membersihkan Filter Udara Mobil dengan Mudah

Filter udara bagi mobil memiliki peranan yang sangat penting. Fungsinya untuk menyaring udara dari partikel debu dan kotoran yang masuk kedalam ruang bakar agar. Tentu saja bila udara yang masuk bersih performa mobil akan terasa enteng, lebih bertenaga, tidak mudah panas serata awet.

Cara Membersihkan Filter Udara Mobil dengan Mudah



Tapi lama-kelamaan filter udara mobil juga bisa tersumbat kotoran dan debu jika lama tidak dirawat, akibatnya aliran udara keruang bakar menjadi tidak lancar, dampak yang paling dirasakan adalah konsumsi bbm jadi boros dan mesinpun tidak bertenaga. Tidak mau hal itu terjadi kan.

Cara Membersihkan Filter Udara Mobil dengan Mudah

Cara membersihkan saringan udara mobil


Setiap elemen memiliki cara yang berbeda-beda dalam hal pembersihannya, berikut cara membersihkan setiap elemen.

  • Filter udara mobil berbahan karton cara membersihkannya dapat dengan menyemprotkan udara bertekanan yang tinggi seperti kompresor, dengan begitu debu dan kotoran bisa hilang tanpa merusak komponennya.
  • Kalo filter yang berbahan spon cara membersihkannya cukup direndam di air yang di campur ditergen selama beberapa menit. Jangan sekali-kali di kucek, mudah robek soalnya, yaa cukup di goyang-goyangkan saja agar kotorannya terlepas dan peras secukupnya saja, ingat jangan terlalu keras bos ntar sobek. Keringkan dengan cara diangin-anginkan.
  • Filter yang berbahan kain cara membersihkannya dengan cara di cuci menggunakan air dan sabun cuci. Bisa juga menggunakan oil khusus seperti degreaser dan cleaner.  Setelah itu semprot dengan udara bertekanan tinggi agar semakin bersih.
Panduan pembersian diatas biasanya tergantung dari medan yang sering dilalui mobil. Fiter dari karton jika di guanakan di perkotaan bisa di bersihkan setiap 1000Km seta ditukar setiap 5000Km dan untuk bahan spons dibersihkan setiap 1000 Km sama tapi ditukarnya lebih lama, yaitu 15.000Km

Oke semoga cara membersihkan filter udara mobil yang saya bagikan bisa bermanfaat. 



Artikel Terkait

Cara Membersihkan Filter Udara Mobil dengan Mudah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email