Friday, 26 February 2016

Perbedaan Artefak dan Fosil, Ini Penjelasan Lengkapnya

Bro n sest.. Gimana kabarnya.. Pasti kalian pernah mendengar istilah artefak dan fosil, tapi dalam memahaminya kadang-kadang ada yang salah ataupun kebalik memaknai antara artefak dan fosil. yaa memang kalo sekilas hampir sama, yaitu sama-sama untuk menamai sesuatu yang berhubungan pada masa lampau.

Karena alasan tersebut, saya akan mencoba menjelaskan antara artefak dan fosil secara terpisah, agar mudah dipahami.

Pengertian fosil


Menurut keterangan para ahli dan dari berbagai sumber. Pengertian fosil adalah sisa hewan, tumbuhan atau kerangka manusia yang menjadi batu atau mineral. Syarat menjadi fosil, sisa hewan atau tumbuhan harus segera tertutup oleh sedimen.

Makna kata fosil juga bukan saja untuk menamai sisa makhluk hidup yang sudah mati terus membatu. Fosil juga ada yang hidup yaa. Fosil hidup adalah istilah yang digunakan spesies yang masih hidup, yang menyerupai spesies yang hanya diketahui dari fosil.

Berbicara fosil hidup, dikalimantan juga pernah di temukan hewan yang disebut biawah tidak bertelinga dengan nama latin Lanthanotus Borneensis, hewan endemik kalimantan, hewan tersebut bisa dibilang fosil hidup karena masih eksis dibanding hewan yang seumurannya. Hewan ini juga sangat dilindungi di indonesia karena memang sudah sangat langka dan menjadi buruan internasional

Perbedaan Artefak dan Fosil, Ini Penjelasan Lengkapnya


Manfaat fosil ini banyak sekali lho.. Fosil sangat berharga bagi peradaban manusia, selain dijadikan bahan bakar, fosil juga bermanfaat untuk mengetahui sejarah kehidupan bumi pada masa lampau atau menandai priode waktu. Contohnya begini bro n sest.. Batuan yang mengandung graptolit harus diberi tanggal dari era paleozoikum.


Pengertian Artefak


Artefak adalah benda arkeologi peninggalan sejarah yang merupakan hasil dari kecakapan kerja manusia. Artefak bukan dari hasil alamiah tapi ada campur tangan dari manusia, mudah dipindahkan tanpa merusak kondisinya atau mengahancurkan bentuknya.

Contohnya artefak adalah alat-alat batu, Tulang dan logam, prasasti lempeng dan kertas, gerabah, senjata logam (anak panah, mata panah dan lain-lain) .


Kesimpulannya.


Kesimpulan dari perbedaan antara artefak dan fosil sekarang sudah jelas, dimana fosil terbentuk secara alami dari organisme yang mati dan tertutup sedimen sehingga membatu. Lalu artefak adalah barang arkeologi yang dibuat dengan campurtangan dan kecerdasan manusia.

Oke thanks...Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ^^




Artikel Terkait

Perbedaan Artefak dan Fosil, Ini Penjelasan Lengkapnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email