Monday, 28 March 2016

7 Tempat Wisata Paling Angker di Indonesia

Hai teman.. Kali ini sukaon.id akan membahas tempat wisata paling angker di Indonesia. Berlibur merupakan sesuatu yang wajib untuk dilakukan sebagai pelepas penat dengan rutinitas yang menjenuhkan. Biasanya tempat yang dipilih untuk berlibur adalah tempat yang indah seperti pantai, gunung, atau bangunan bersejarah.

Apakah anda tahu mungkin salah satu tempat tujuan berlibur anda ternyata tempat wisata yang terkenal angker??? Kalau anda adalah orang yang penakut mending hindari daftar lokasi wisata di Indonesia berikut, sebelum anda menyesal, niatnya mau bersenang-senang malah jadi mrinding, tidak menikmati liburannya.
7 Tempat Wisata Paling Angker di Indonesia
image by hellosemarang.com

Namun beda lagi bila anda orangnya suka dengan hal-hal misteri dan gaib,, Daftar wisata angker di Indonesia berikut mungkin bisa menjadi refrensi anda untuk di jajal, sebagai tempat yang wajib anda kunjungi karena terkenal dengan keangkerannya dan mistisnya. so, tempat wisata apa saja yang terkenal angker.. Berikut 7 tempat wisata yang terkenal angker.

1. Lawang Sewu


Bangunan dengan arsitektur khas negara Belanda yang biasa disebut lawang sewu atau pada zaman belanda bangunan tersebut disebut Wilhelminaplein, terletak di Semarang, Jawa tengah. Lawang sewu dalam bahasa indonesia artinya seribu pintu. Cukup berasalan memang kenapa masyarakat sekitar menamainnya seribu pintu,Karena memang banyaknya pintu pada bangunan tersebut.

Sejarah yang ada di pada lawang sewu membuat bangunan itu menjadi bangunan penting di Semarang. Sejarahnya dulu gedung ini dijadikan pusat Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS . Jawatan kereta api yang beroperasi disemarang.

Bangunan dengan arsitektur unik ini pembangunannya tergolong lama. Dimulai dari 27 Febuari 1904 selesai pada 01 Juli 1907,, ya sekitar 3 tahunan. Dengan memiliki banyak pintu terbagi menjadi 4 gedung dari A-D.

Bangunan lawang sewu adalah saksi bisu terhadap kelamnya perlawanan masyakat Indonesia melawan penjajah Belanda dan Jepang. Di bangunan ini juga dulunya sebagai tempat untuk menyiksa pejuang Indonesia.

Bangunan yang menjadi salah satu tujuan wisata sejarah ini, juga menyimpan banyak cerita horor. Berdasarkan pengakuan warga sekitar, lawang sewu mennjadi tempat kediaman ribuan makhluk gaib. Bahkan ada beberapa titik tertentu yang terkenal dengan seringnya terjadi penampakan. Hantu nonik belanda dan hantu berwujud tentara belanda sering muncul di sumur tua, lorong-lorong, penjara jongkok, lokasi penjara berdiri, pintu utama dan bagian ruang penyiksaan.

2. Tana Toraja


Kuburan.. ya kuburan tempat peristirahatan terakhir di Tana Toraja menjadi objek wisata yang unik sekaligus menyeramkan. Keunikan pemakaman masyarakat Toraja karena orang yang sudah mati tidak dikuburkan pada tanah atau dibakar seperti pada umumnya, disana mayat di letakan di gua atau tebing yang diukir sedemikian rupa. Menggabungkan antara seni, kematian dan sepiritual.

Salah satu kuburan yang cukup banyak dikunjungi wisatawan seperti Londa. Letaknya sekitar 11 KM sebelah utara kota Maleke yang merupakan ibu kota Tana Toraja. Bentuk kuburannya berupa gua yang berisi tulang dan tengkorak diletakan berserakan. Suasananya cukup menyeramkan dengan hawa lembab akan anda rasakan. Biasanya orang yang sudah meninggal juga dibuatkan patung tau-tau yang nantinya dimasukan ke gua. Perkuburan ini paling bnayak di kunjungi oleh wisatawan karena sejarahnya serta keunikannya.

Bukan hanya wisata kuburannya yang terkenal di Tana Toraja, ada upacara kematian yang disebut rambu solok. Upacara ini sudah terkenal keseluruh dunia karena kemeriahannya.

Upaca rambu solok sebagai pengantar jenazah seseorang ke penguburan. Meski hanya acara kematian, penyelenggara ritual ini layaknya sebuah pesta besar. Sebab, puluhan ekor kerbau dan babi dikorbankan dalam acara ini, melibatkan masyarakat secara kolosal membutuhkan biaya ratusan hingga milyaran rupiah.

3. Pantai Selatan, Pelabuhan Ratu


Pelabuhan ratu banyak dikenal orang sebagai pantai yang eksotis, tapi dibalik keindahan pantai selatan ini, menyimpan kisah mistis yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Nyi Roro Kidul, dikenal sebagai penguasa pantai selatan yang menyukai warna hijau. Ada hotel di pelabuhan ratu, samudra beach hotel yang menyediakan kamar untuk Nyi Roro Kidul.

Bahkan, karena kemistisannya, banyak orang yang menghindari pakaian warna hijau saat mengunjungi pelabuhan ratu. Konon saat pengunjung pantai memakai pakaian dengan warna kesukaan Nyi Roro Kidul tersebut, tubuhnya akan tertarik ke laut selatan dan tidak akan pernah kembali lagi. Percayakah anda???

Walau pantai selatan pelabuhan ratu terselubungi aura mistis yang kental. Namun pantai pelabuhan ratu menyuguhkan panorama yang menawan, berbalut udara sejuk dengan pasir pantai yang terhampar luas. Anda akan menjumpai banyak bebatuan karang terjal serta hutan cagar alam pada sisi lainnya. Deburan ombak yang silih berganti menehantam karang semakin menambah panorama indah Pantai selatan pelabuhan ratu.

4. Gunung Merapi Jawa tengah


Keindahan dan pesona Gunung merapai yang terbalut dengan tragedi dan misteri tidak terbantahkan lagi. Gunung merapi merupakan pilihan yang tepat untuk anda para penikmat olahraga outdor, menjadikan merapi sebagai alternatif wisata alam.

Jika cuaca mendukung bahkan kegagahan merapi dapat dilihat dari emat penjuru kota, yaitu seleman, Klaten, Magelang dan Boyolali. Kesejukan dan kehangatan seolah bercampur menjadi satu antara sejuknya iklim gunung dan kehangatan keramahan penduduk, menjadikan elemen yang sempurna.

Setelah meletusnya merapai pada tahun 2010, membuat pesona merapi semakin kuat. Jarak antara 4 sampai 6 KM dari puncak merapi, sudah tidak dihuni lagi. Sebagai gantinya banyak hunian sementara bagi para pengungsi yang rumahnya luluh lantah diterjang lahar. Akan anda lihat juga masih ada beberapa jembatan yang masih terputus akibat disebabkan lahar dingin maupun awan panas.

Bagi yang berminat mendaki gunung merapi, sebaiknya tanyakan terlebih dulu kepada petugas bahwa setatus gunung merapi normal. Pasca meletusnya merapai, jalur pendakian yang mudah dilewati yaitu melalui Selo Boyolali. Sebaiknya anda memulai mendaki pada waktu dini hari, perjalanan memakan waktu sekitar 5 jam. Sehingga anda dapat melihat keeksotisan saat sinar matahari mulai menyinari gunung legenda ini.

Dibalik pesona gunung merapi, ada mistik yang tersembunyi. Salah satu kemistisan gunung merapi yaitu misteri pasar bubrah. Pasra bubrah merupakan daerah batuan dan pasir terletak dibawah puncak gunung merapi yang terkenal sangat angker oleh masrakat sekitar. Tempat disana dipercaya sebagai pasar besar keraton merapi dan bebatuan yang berada disitu dianggap meja kursi yang dimiliki makhluk halus.

Para pendaki dihimbau untuk menjaga tutur kata dan tindakan jika melewati pasar bubrah yang terkenal mistis. Apabila pantangan itu dilanggar maka orang tersebut akan hilang entah kemana dan tidak kembali lagi. Percaya atau tidak??? kembali ke masing-masing aja.

5. Lubang Buaya Jakarta


Lubang buaya merupakan tempat wisata sejarah yang terletak di daerah Cipayung, Jakarta Timur. Dulunya tempat ini terpencil digunakan sebagai tempat militer PKI. Sekarang sudah didirikan monumen Pancasila untuk mengenang jasa jendral yang telah gugur. walau sekarang sudah tidak terpencil seperti dulu, tapi cerita kelam masih kental menyelubungi tempat wisata sejarah ini, tragedi yang terkenal hingga saat ini adalah pembantaian para jendral. Bahkan masyarakat sekita menjadikan tempat wisata sejarah tersebut sebagai tempat horor.

Salah satu sudut paling angker dari monumen ini adalah, lubang sedalam 12 meter tempat setumpuk mayat jendral dan letnan yang dibantai PKI yang disebut lubang buaya. Seakan sumur lubang buaya menjadi saksi bisu atas kebiadaban PKI. Konon warga sekitar sering mendengar suara pria minta tolong yang berasal dari dalam sumur lubang buaaya.

6. Kraton Yogyakarta


Yogyakarta memiliki tempat bersejarah yang sekaligus menjadi ikon kota yaitu kraton yogyakarta. Bangunannya megah dengan arsitektur gaya jawa. Pada siang hari keadaanya sungguh nyaman, namun saat sore menjelang malam. Suasananya akan berubah drastis. Lampu-lampu istana itu berbanding kontras dengan suasana yang sunyi senyap, hanya ada beberapa abdi dalem kraton yang tinggal disana.

Lokasi proboyeksa di belakang bangsal kencana merupakan lokasi yang dianggap angker. Disitu merupakan tempat penyimpanan pusaka kraton yogyakarta. Dipercaya disana ada sosok raksasa bermata besar sebagai makhluk penjaga di bangsal proboyeksa.

7. Goa Jepang, Lembang, Bandung

Sebuah tempat yang masih asri, dengan goa yang terlihat mistis, dengan akar pohon yang menyatu dengan mulut goa menambah kesan angker. Banyak mitos yang timbul didaerah sekitar goa jepang. Salah satunya adalah penampakan prajurit dari jaman belanda dan jepang. Selain itu juga banyak isu yang mengatakan di Tahura Dago Pakar merupakan dimana prabu siliwangi yang bernama asli Sri Baduga Maharaja seoarang prabu dari kerajaan pakuan pajajaran berada. Sehingga seringkali daerah ini dikaitkan dengan misteri tiada akhir.

Goa jepang dan belanda ini d berada di dalam taman ir juanda, Bandung. Untuk memasukinya anda kan dikenakan tarif Rp7500/orang dan Rp5000/motor. Dua gua yang hanya terpisahkan sejauh 400 m dinamakan sesuai negara penjajah saat gua tersebut dibangun.

Goa jepang masih memiliki arsitektur seperti aslinya dengan dinding-dinding gua yang keras dilapisi semen, begitu juga goa belanda. Saat memasuki goa, suasana gelap gulita akan anda rasakan, karena memang disana tidak terdapat instalasi penerangan. Kedua goa tersebut menjadi saksi sejarah atas perlawanan Bangsa Indonesia melawan penjajah. Wisata goa jepang di lembang sangat cocok bagi anda yang mencitai sejarah. 



Artikel Terkait

7 Tempat Wisata Paling Angker di Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email