Friday, 25 March 2016

Anda Ngiler Saat Tidur? Ini dia Cara Mengatasinya

Ngiler saat tidur adalah keluarnya air liur dari mulut ketika kita terlelap tidur, biasanya hal tersebut hanya terjadi pada anak-anak.Tapi orang dewasa juga bisa mengalaminya. Walaupun hal tersebut wajar tapi jika orang lain melihat kita sedang tertidur dalam keadaan ngiler, tentu memalukan. Apalgi biasanya sehabis ngiler akan meninggalkan bekas pada sarung bantal yang digunakan.

Karena alasan itulah sebagian orang ingin menghentikan kebiasaan ngiler saat tidur, yang dirasa memalukan. Sebelum ke cara untuk mengatasi ngiler saat tidur. Terlebih dulu cara tahu apa saja penyebab ngiler saat tidur. Dengan begitu anda bisa cara yang tepat untuk mengatasinya.

Anda Ngiler Saat Tidur? Ini dia Cara Mengatasinya

Penyebab ngiler saat tidur sendiri bermancam-macam, dari salahnya posisi tidur sampai dikarenakan penyakit bawaan. Lebih lengkapnya simak penyebab ngiler saat tidur berikut.

Kondisi Mulut Kering

Saat kondisi mulut kita kering, maka mulut akan memproduksi ludah lebih banyak ludah. Jika anda mengalami mulut kering saat keadaan tidur, air liur yang banyak diproduksi mulut akan tertampung dimulut, jika sudah tidak muat lagi, air liur akan keluar. Inilah yang disebut ngiler.

Tidur dengan Mulut Terbuka

Apabila mulut anda terbuka saat tidur, bisa mengakibatkan rongga mulut menjadi lembab sehingga mulut menjadi kering. Oleh karena itu mulut akan memproduksi lebih banyak ludah.

Tidur Tengkurap

Setiap orang memiliki posisi tidur masing-masing. Salah satunya posisi tidur tengkurap. Tengkurap saat tidur dapat mengakibatkan rahang mulut tertekan dan membuat mulut terbuka. Sudah saya jelaskan diatas bahwa mulut terbuka saat tidur salah satu penyebab anda ngiler saat tidur.

Sakit Gigi

Ketika anda mengalami sakit gigi, maka anda akan sering mengambil nafas dari mulut. Dampaknya mulut menjadi kering dan kelenjar ludah akan lebih banyak memproduksi ludah. Apabila sampai anda tidur mulut masih tetap terbuka, air liur akan keluar melalui celah mulut.

Konsumsi obat

Beberapa obat kimia efek sampingnya adalah mulut kering dan produksi ludah meningkat. Jika dirasa obat itu diperlukan untuk kesehatan anda, jangan hentikan konsumsi obatnya sampai kesehatan anda pulih. 

Anatomi Tubuh Abnormal

Kondisi gigi yang terlalu rapat dan ukuran lidah yang besar bisa membuat anda ngiler saat tidur. Gigi yang terlalu rapat akan lebih banyak menampung ludah dan akan keluar saat anda tidur. Kalau lidah anda ukurannya lebih besar menyebabkan mulut terbuka saat tidur, sehingga angin dapat masuk ke rongga mulut dan mengakibatkan mulut kering.


Cara mengatasi ngiler saat tidur

Setelah mengetahui penyebab ngiler saat tidur, kini pasti anda sudah tahu langkah apa yang selanjutnya anda lakukan untuk mengatasi ngiler anda. Jika masih bingung, mari saya bantu menyelesaikannya.

Tidur dengan mulut tertutup

Mulut yang terbuka saat tidur, mengaktifkan kelenjar ludah. Tanda sadar air liur akan keluar dan menyebabkan ngiler. Walau dirasa sulit, setidaknya anda mencoba tidur dengan mulut tertutup. Lama-kelamaan akan terbiasa.

Rubah posisi tidur

Sudah kita tahu melalu penjelasan diatas bahwa tidur dengan posisi tengkurap dapat menjadi salah satu penyebab ngiler. Cobalah ganti posisi lain seperti terlentang, pastikan juga posisi kepala lebih tinggi daripada badan anda, bisa gunakan banyak bantal.

Bernapas melalui hidung

Kebanyakan orang saat tidur tidak sadar membuka mulut mereka dan bernafas menggunakan mulut. Mulut kering dapat menyebabkan ngiler saat tidur. Untuk itu pastikan anda bernafas melalui hidung saat tidur.

Hentika konsumsi obat anda

Saran saya sebelum anda hentikan obat yang anda konsumsi demi kesehatan, cobalah konsultasi dengan dokter yang meresepkan obat untuk anda. Keluhan yang anda ungkapkan masalah ngiler setelah konsumsi obat, Dokter pasti mengerti dan meresepkan obat untuk menghentikan air liur anda atau mengganti obatnya.

Jika anda tidak berhasi dengan cara diatas, maka sebaiknya jangan ragu-ragu segera konsultasi kedokter ahlinya. Doker akan mendiagnosa penyebab anda ngiler saat tidur dan memberikan penyelesaian yang terbaik bagi anda.



Artikel Terkait

Anda Ngiler Saat Tidur? Ini dia Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email