Wednesday, 23 March 2016

Cara Memanaskan Motor Injeksi yang Benar

Memanaskan motor sebelum digunakan pasti sering anda lakukan. Memanaskan motor memang hal yang penting dilakukan, tujuannya agar mesin berada di temperatur siap digunakan atau temperatur kerja. 

Teknologi injeksi yang terkenal irit bbm, banyak diminati masyarakat indonesia. Termasuk saya juga pengguna motor injeksi. Penggunaan teknologi injeksi inipun berbeda cara pemanasannya dengan motor yang masih memakai karburator. Karena injeksi sudah memiliki sistem otomatis untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin.

Cara Memanaskan Motor Injeksi yang Benar


Berapa waktu yang diperlukan untuk memanaskan motor injeksi?


Dulu saat saya masih menggunakan motor yang belum injeksi, kegiatan memanaskan motor biasanya saya lakukan 10 menit, dipagi hari sebelum berangkat beraktifitas. Sekarang karena sudah berganti motor injeksi supra X 125, kegiatan memakan yang memakan waktu itu, sudah teratasi. Perlu anda tahu bahwa motor injeksi waktu memanaskannya sekitar 30 menit dan paling lama 1 menit.

 Lho kok bisa memanaskan motor secepat itu ?


Gini bos dalam sistem motor injeksi, terutama sistem bahan bakarnya sudah canggih, dilengkapi dengan sensor-sensor canggih dan otomatis. Sensor yang mengirim sinyal ke ecu. Ecu akan memprosesnya dan dikirim ke actuator. Oleh karena itu tentu saja kondisi mesin saat dingin dan panas berbeda. Jadi bahan bakar yang di semprotkan injektor akan disesuaikan oleh suhu mesin.  

Motor injeksi dalam urusan bahan bakar sudah di atur oleh ecu sesuai kebutuhan mesin. Bahkan ni sob motor injeksi dipanaskan selama 10 detik saja sudah cukup. Berbeda dengan motor yang menggunakan karburator. Biasanya saat dihidupkan saat pertama kali, mesin hidup sebentar lalu mati lagi. Saat dipanaskan ada bunyi brebet-brebet. Itu wajar, proses tersebut terjadi karena suhu mesin dan suhu sekitarnya masih dingin. Nanti saat sudah dalam temperatur kerja, mesin akan kembali normal.


Jangan memanaskan motor injeksi lebih dari 1 menit.


Seperti yang saya jelaskan diatas, sebenarnya memanaskan motor injeksi 1 menit saja sudah lebih dari cukup. Kita lihat dari sudut pandang efisiensi bahan bakar. Tentu anda ingin irit bbm kan, irit duit juga. Dengan menggeber-geberkan gas maka bensi akan terbuang sia-sia. Selain itu juga untuk menghindari over heating. Saat memanaskan mesin dalam keadaan berhenti, maka tidak diimbangi dengan aliran udara. Biasanya motor memanfaatkan aliran udara untuk pendinginnya saat motor bergerak.. yaa kecuali motor anda sudah di lengkapi dengan radiator sebagai sistem pendinginnya, itu mah lain lagi. 

Dampak lainnya diluar mesin motor yaitu pada kenalpot. terlalu lama memanaskan motor, kenalpot akan menerima panas berlebih sehingga merusak cat knalpot. Intinya hindari pemanasan motor injeksi dalam waktu yang lama.

Oke semoga cara memanaskan motor injeksi yang benar, bisa menambah pengetahuan anda dalam merawat motor injeksi yang anda miliki.



Artikel Terkait

Cara Memanaskan Motor Injeksi yang Benar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email