Wednesday, 9 March 2016

Cara Tepat Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa

Demi menuntut ilmu kejenjang yang lebih tinggi, kita harus merasakan kesibukan sebagai mahasiswa. Karena memang sebagai mahasiswa dituntut aktif mencari dan mengembangkan ilmu yang diberikan oleh dosen pengampu.

Cara Tepat Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa
image by http://www.duajurai.com/wp-content/uploads/2015/08/Nina-Zafaroh.jpg

Tidak heran tugas yang menumpuk membuat mahasiswa rela lembur karena dikejar deadline. Belum lagi kegiatan-kegiatan yang banyak dan membutuhkan laporan atas apa yang telah dikerjakan. Dengan begitu sibuknya mahasiswa dengan tugas yang menumpuk, pastilah butuh alat penunjang untuk mengerjakan tugas seperti laptop.

Laptop bagi mahasiswa sudah seperti sodara saja, susah kalo jauh-jauh dari laptop. Laptop sangat dibutuhkan untuk mengetik, membuat dan menyimpan tugas atau laporan yang ditugaskan dosen. Laptop juga kadang sebagai saran hiburan penghilang jenuh seperti menonton filem..

Kecepatan Laptop


Untuk hanya mengerjakan tugas, membuat makalah,laporan dan browsing, cukup menggunakan komputer berkecepatan normal untuk menjalankan program secara bersamaan. Sebuah processor intel core i3, intel core i5 dan AMD Phenom II dan RAM 2GB saya rasa sudah cukup.Ukuran hard disk drive untuk ukuran setandar mahasiswa adalah 200GB sampai 250GB.

Batrai dan Grafis


Mengerjakan tugas kadang diluar rumah atau kost, untuk itu mengharuskan batrai yang tahan lama untuk mengantisipasi lupa bawa charger atau tidak ada colokan, paling tidak batrai tahan 4 jam. 

Untuk yang suka menonton filem sebagai hiburan penghilang jenuh, diperlukan kartu grafis yang baik. Kartu grafis yang baik bisa memberikan viewing yang mengesankan saat menonton filem.

Berat


Tingkat aktifitas mahasiswa yang tinggi butuh kondisi laptop yang praktis dan tidak berat. Kenyamanan saat membawa laptop serta barang bawaan lainnya harus diperhatikan. Laptop yang ringan dan tidak terlalu besar menjadi pilihan.

Saya sendiri tidak suka laptop yang terlalu berat karena tidak nyaman dibawa, apalagi kalo perjalanan jauh. Dimensi laptop yang tepat lebih baik kurang dari 15 inci dan berat kurang dari 2 kg.

Koneksi jaringan


Saya rasa semua laptop sudah memumpuni dalam masalah koneksi jaringan. Kebanyakan sudah didukung koneksi via kabel dan wireless. Hal itu sudah cukup untuk mahasiswa.

Seorang mahasiswa tidak perlu memikirkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi dan wah.. karena dengan semua kriteria diatas saja sudah bisa menagani semua aktifitas yang dilakukan mahasiswa.





Artikel Terkait

Cara Tepat Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email