Thursday, 17 March 2016

Manfaat Buah Carica Khas Dieng Untuk Kesehatan

Buah carica yang hanya hidup didaerah dingin antara ketinggian 1500-3000 m, merupakan buah yang kaya manfaat. Tidak hayal buah ini menjadi buruan banyak orang. Selain itu rasa Buah carica yang asam tapi memiliki sensasi segar sering dibuat untuk olahan manisan carica.

Carica disebut buahnya para dewa, ungkapan tersebut karena zaman dahulu buah carica sering ditunjukan untuk persembahan untuk para dewa, saat dieng masih dikuasai agama hindu budha. Carica memiliki kandungan seperti buah pada umumnya yang kaya serat. Carica juga mengandung vitamin A,B kompleks, Vitamin C dan Vitamin E. Bahkan carica dapat mengandung zat agrinin dan enzim papain yang sangat tinggi, kedua zat tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Baca selengkapnya dibawah ini. Berikut manfaat buah carica.

Manfaat Buah Carica  Khas Dieng Untuk Kesehatan

Carica Bermanfaat bagi pencernaan


Kandungan enzim papain dan serat yang tinggi dalam buah carica. Membuat buah tersebut sangat baik bagi pencernaan. Fungsi enzim papain mamapu membunuh bakteri jahat dalam usus serta menormalkan PH  dalam usus. Buah para dewa tersebut mempunyai kandungan serat yang tinggi jadi baik untuk yang mengalami sembelit, karena mampu melancarkan BAB. Selain itu serat juga dapat mencegah terjadinya kanker kolon.


Manfaat Carica sangat bagus untuk badan dan kesehatan kulit


Vitamin C yang terkandung dalam buah carica lebih tinggi daripada yang dimiliki buah jeruk Karenanya carica lebih ampuh untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, membuat tubuh tetap sehat terlindungi. Bahkan buah carica mampu menyehatkan kulit anda menjadi lebih cerah dan sehat. Vitamin C juga berguna untuk membantu meningkatkan kolagen dalam kulit anda, dengan begitu kerut pada kulit akan berkurungan.

Manfaat carica bermanfaat untuk kesehatan mata


Anda ingin mendapatkan manfaat dari vitamin A, namun malas makan wortel karena rasanya yang manis tapi hambar. Jangan khawatir, vitamin A juga bisa di dapat di buah carica. Buah carica bisa diolah dalam berbagai macam olahan yang enak contohnya manisan carica yang sudah terkenal keenakannya.

Masalah penglihatan seperti rabun senja yang disebabkan kurangnya vitamin A. Buah carica sangat direcomendasikan buat anda yang memiliki penyakit mata rabun senja sebagai nutrisi tambahan.


Menambah Metabolisme


Khasiat luarbiasa dari buah para dewa adalah menambah metabolisme tubuh. Nutrisi yang terkandung, ditambah kalsium membuat buah carica dapat menjadikan tubuh anda sehat dan terhindari dari virus penyakit. Khusunya karena keberadaan vitamin B kompleks yang terkandung dalam buah carica.

Dapat menjadi obat penyakit kulit


Di negara asalnya Amerika, carica sudah diolah menjadi obat-obatan khusunya untuk penyakit kulit. Tapi di Wonosobo sepertinya belum ada yang mengolah carica menjadi obat, masih seputar olahan kuliner.

Manfaat carica untuk ibu hamil


Banyak yang bertanya kepada saya tetang manfaat carica untuk ibu hamil. Jika kita lihat kandungan yang ada dalam carica, Terutama kandungan seratnya yang tinggi. Buah carica mampu membantu ibu hamil mengatasi masalah sembelit. Tapi lebih lengkapnya, anda bisa tanyakan ke Dokter.

Semoga informasi tentang buah carica dapat menambah wawasan anda terkait buah dewa asal dieng, wonosobo tersebut. 



Artikel Terkait

Manfaat Buah Carica Khas Dieng Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email