Monday, 28 March 2016

Menjelajah Curug Tidak Bernama di Desa Citepus, Jeruk Legi

Hai teman.. Edisi jalan-jalan kali ini saya memutuskan menjelajah curug tidak bernama di Desa Citepus, kecamatan Jerug Legi, Kab. Cilacap. Pemandangannya masih alami, deburan air terjun yang memancar sungguh menyegarkan. Banyak bebatuan dibawah air terjun sehingga memberikan efek pantulan air yang terjatuh, hal tersebut membuat sensasi sejuk saat partikel air kecil berhamburan terkena badan, hilangkan rasa gerah akibat cuaca panas daerah tersebut.

Belum ada jalan khusus untuk menuju lokasi. Jadi harus menyusuri aliran sungai yang tenang dengan pepohonan hijau dan semak di samping kiri-kanannya. Walau sedikit basah-basahan, tapi mata terhibur dengan panorama alam sekitar.

Lokasi curug bila start dari Purwokerto untuk menuju lokasi memakan waktu sekitar 1,5 Jam. Arah yang harus anda tempuh dari purwokerto menuju keselatan melewati 2 kecamatan yaitu ajibarang dan wangon. Sampai di perempatan lampu merah Wangon, lanjut saja keselatan sampai di perbatasan antara Kab. Banyumas dan Cilacap. Tanya lokasi Desa Citepus sama orang sekitar.. Pasti Tau dehh..Sebenarnya Desa Citepus berada di kab. Cilacap tapi cenderung lebih dekat ke kab. Banyumas.


Curug tidak bernama itu belum banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan saat saya berkunjung ke curug tersebut, tidak ada wisatawan satupun yang berada disana. Hanya ada warga setempat yang sedang mencari rumput untuk pakan ternak. Dan anehnya curug tersebut belum ada namanya. Saya mencoba tanya-tanya sama temen saya yang asli situ pun tidak tahu namanya. haha, tapi ada juga yang menamainya curug penganten. hmm apapun namanya dah..yang penting Happy berada disitu :v


Sayang sekali keidahan curug yang menawan tidak dibarengi dengan fasilitas wajib seperti kamar mandi dan tempat berteduh. Ada memang tempat berteduh seperti gazebo disana, namun tidak terawat dan akses jalan untuk menuju gazebo dari air terjun sudah tertutup semak-semak, saking tidak terawatnya.

Curug tidak bernama di Desa Citepus, kecamatan Jeruk Legi, Kab. Cilacap menawarkan pemandangan eksotis dan bersih. Selama saya disana tidak menemukan sampah plastik yang berserakan seperti umumnya tempat wisata yang sudah ramai pengunjung. Terlebih lagi tenang dan damai akan anda rasakan jika berkunjung kesana.






Artikel Terkait

Menjelajah Curug Tidak Bernama di Desa Citepus, Jeruk Legi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email