Tuesday, 31 May 2016

Jangan Menilai Seseorang dengan Dugaan (Berburuk Sangka)


Menilai baik buruk seseorang boleh-boleh saja, asal didadasari dengan alasan yang masuk akal, jangan hanya mengandalkan dugaan semata lalu seenaknya menyimpulkan. Kita tidak bisa menilai seseorang karena penampilannya, status sosialnya dan latarbelakangnya.

Tidak semua orang yang bertato itu preman, tidak semua yang tinggal di lokalisasi pelacur dan tidak semua yang beragama islam teroris

Berburuk sangka timbul biasanya karena menganggap seseorang lebih rendah dari dirinya. Melihat orang lain dari sisi lemahnya saja, padahal dibalik kelemahan seseorang pasti ada kelebihan. Bukankah Tuhan menciptakan hambanya berbeda-beda untuk saling melengkapi.

Misalnya dalam lingkup pendidikan ntah itu yang resmi atau tidak resmi, seorang murid/mahasiswa yang aktif bertanya atau menjawab pertanyaan kepada gurunya pasti akan ada murid lain yang menilai sok pinter, dasar anak kepo atau dasar anak suka cari perhatian temen/guru.

Padahal bertanya adalah rasa ingin tahu agar pengetahuan kita bertambah serta menjawab pertanyaan atas sesuatu yang belum kita pahami. Bukannya sekolah tujuannya untuk menambah pengetahuan kita.

Akibat dari berburuk sangka (menduga-duga) kepada orang lain hanya akan menimbulkan perpecahan antar teman, tetangga, rumah tangga, sodara, bahkan sampai antar suku bangsa dan negara.

Saat lebaran tiba ada suatu daerah ada yang mengharuskan orang yang bertamu, makan makanan yang sudah dimasak oleh pemilik rumah, jika ngambilnya sedikit akan di cap tidak menghormati dan parahnya lagi sang pemilik rumah memaksa agar tamu mengambil nasi banyak. Padahal saat bertamu dihari lebaran bukan hanya ke 1 rumah, melaikan rumah sekampung, kalau ngambilnya sedikit ya wajar, bukannya tidak menghormati, tapi perut manusia juga ada batasnya.

Lebih baik selalu berbaik sangka kepada orang lain, dari pada berburuk sangka kepada orang lain yang nantinya akan menimbulkan ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh angan-angan palsu. Kita hanya boleh menilai seseorang dari perbuatan dan bicaranya saja, jika berbuat salah, kita benarkan dan jika pekataannya salah kita luruskan. Itu saja, Thanks





Artikel Terkait

Jangan Menilai Seseorang dengan Dugaan (Berburuk Sangka)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email