Sunday, 13 November 2016

Atasi Kerusakan Tv Sharp Berwarna

TV sharp merupakan salah satu merk televisi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Dimana kualitas yang ditawarkan memang sesuai dengan kualitas produknya. Namun setelah pemakaian dalam kurun waktu tertentu tidak heran jika tv bisa saja mengalami kerusakan. Mungkin saat ini televise anda juga sedang mengalami kerusakan yang mungkin bisa atasi sendiri. Berikut ini beberapa solusi dalam memperbaiki tv sharp. Untuk ulasan berikutnya silahkan simak lebih lanjut dibawah ini. 

Solusi servis tv sharp

Kerusakan yang terjadi pada televise, mungkin cukup beragam. Dimana banyak juga penyebab dan beberapa gejala yang ditimbulkan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai memperbaiki tv sharp dengan kerusakan pada warna tayangan yang hilang. Kerusakan pada tv sharp itu biasanya ditandai dengan warna televisi menjadi kebiruan, kehijauan atau kemerahan. 

Jika dilihat dari tanda-tanda yang muncul, televisi sharp tersebut mengalami kerusakan pada salah satu warna atau tabung CRT. Seharusnya tabung CRT mampu menyuplai warna, namun pada kondisi ini tabung tidak bisa bekerja secara normal. Penyebab lainnya dikarenakan tabung CRT tidak mampu merespon warna dari RGB. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah mengganti tabung CRT yang diindikasi rusak. Dengan demikian sudah semestinya anda segera memperbaiki tv sharp anda. 
mengatasi kerusakan pada layar tv sharp

Dalam memperbaiki tv sharp ini memang perlu dipastikan apakah tabung CRT tersebut benar-benar rusak atau tidak. Namun ketika tidak mengalami kerusakan atau dalam kondisi stabil dan bagus, bisa dicek komponen televisi lainnya. Yang perlu dicek lainnya adalah papan RGB. Papan RGB memang merupakan papan yang penuh dengan solderan yang menyatukan beberapa komponen yang lebih kecil dan penting. Jika pada papan tersebut terjadi beberapa retakan yang seperti terputus dan tidak sempurna, anda bisa melakukan perbaikan pada papan RGB tersebut. Tindakan yang dapat dilakukan adalah servis tv sharp tersebut dengan cara menyolder ulang papan RGB tersebut. Tindakan perbaikan selanjutnya adalah menyolder ulang pada bagian mainboard/ pcb televise. 

Setelah melakukan penyolderan ulang anda bisa mengetahui kerusakan lebih lanjut. Jika anda menemukan kerusakan lainnya pada papan RGB anda memang harus mencermatinya lagi. Hal tersebut dimaksudkan agar memperbaiki tv sharp anda benar-benar mengatasi kerusakan dan menjadikan televisi menjadi normal kembali. Kemungkinan besar kerusakan yang bisa dideteksi selanjutnya adalah titi kerusakan pada transistor pada salah satu warna atau beberapa warna yang terpasang pada papan RGB tersebut. Setelah melakukan pengecekan cara memperbaiki tv sharp masalah tersebut adalah dengan mengganti transistor yang rusak atau mati. Selanjutnya dipasang dengan menyoldernya kembali. Setelah selesai bisa dilanjutkan dengan mengecek apakah televisi bisa menyala dengan normal. 

Ketika televisi belum bisa menampilkan warna yang semestinya, anda bisa mengecek pada komponen lainnya. Dikarenakan gambar yang kurang kontras dan juga disertai warna yang smearing, maka bisa dicek pada jalur 9 volt. Dimana semestinya jalur tersebut bertegangan 9 volt namun bisa di ukur kurang dari 9 volt maka jalur tersebut memang terjadi kerusakan, dimana cara memperbaiki tv sharp dengan mengganti Q605 (D882) bagian dari regulator dari tegangan 16 volt menjadi 9 volt dari kaki plyback. Nah itulah beberapa perkiraan kerusakan yang mungkin terjadi pada televisi, yang juga disertai beberapa cara mengatasi kerusakan pada tv sharp anda. Dimana jenis kerusakan ini memang seringkali terjadi pada beberapa jenis televisi. Semoga bermanfaat.



Artikel Terkait

Atasi Kerusakan Tv Sharp Berwarna
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email