Friday, 11 November 2016

Tips Mudah Membersihkan Rantai Motor

Bagi anda yang kesehariannya beraktivitas mengendarai motor tentunya perlu mengetahui bagaimana menjadikan motor anda melaju dengan prima. Dimana selain melakukan service motor secara berkala, tentunya kebersihan motor juga mendukung performa motor. Kebersihan motor yang harus selalu diperhatikan adalah bagian motor. Bagaimana tidak, rantai motor ini berhubungan dengan roda yang merupakan bagian vital dari motor. Ketika rantai motor bermasalah dikarenakan banyaknya kotoran yang menempel tentunya akan sangat berpengaruh dengan laju motor anda. Nah berikut ini akan kami bagikan informasi mengenai cara membersihkan rantai motor.

Langkah-langkah membersihkan rantai motor yang benar

Letak rantai motor yang berada dibawah dan dekat roda menjadikannya mudah kotor akibat debu ataupun tanah yang menempel. Membersihkan kotoran rantai hanya dengan air atau sabun saja ternyata tidak cukup membuat rantai menjadi bersih. Apalagi menggunakan “gemuk” yang selama ini dipercaya banyak orang menjadi bahan andalan dalam membersihkan rantai motor. Begitu juga dengan pemakaian oli bekas, yang sebenarnya juga telah kotor akibat gesekan mesin dan piston. Jika kedua bahan tersebut digunakan membersihkan rantai motor, hanya akan menjadikan rantai motor menjadi lebih lengket. Tidak hanya itu debu atau tanah juga akan semakin mudah menempel pada bagian rantai. Tentunya anda tidak ingin rantai motor anda dalam keadaan demikian. 
membersihkan rantai motor

Terdapat cara lain yang dinilai lebih efektif dalam membersihkan rantai motor. Cara membersihkan rantai motor dengan solar merupakan cara yang mudah dengan hasil yang maksimal. Dimana anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan dan peralatan diantaranya : solar, sikat gigi, kain lap bersih, wadah solar dan chainlube. Setelah bahan dan alat tersedia, posisikan sepeda motor anda bertumpu dengan standart double terlebih dahulu. Dengan demikian anda bisa memutar roda belakang dengan mudah yang otomatis juga bisa memutar rantai motor.

Langkah pertama membersihkan rantai motor adalah tuangkan solar pada wadah yang telah disediakan. Kemudian buka penutup rantai dan tutup pelindung gigi tarik bagian depan. Langkah kedua, tuangkan solar secukupnya pada wadah yang telah disediakan. Selanjutnya celupkan sikat gigi pada solar dan sikar pada seluruh bagian rantai. Setelah rantai telah bersih dari kotoran yang menempel, lakukan langkah ketiga yaitu mengelap seluruh bagian rantai dengan kain yang bersih pastikan rantai menjadi kering dan bersih. Kemudian langkah keempat adalah mengaplikasikan chainlube atau oli khusus untuk rantai motorpada seluruh bagian rantai terutama pada setiap sambungan pinnya. Kemudian pasang kembali semua penutup rantai yang tadinya telah dilepas. 

Langkah diatas dikhususkan bagi anda yang tidak bisa melepas rantai atau tidak memiliki waktu yang lama untuk membersihkan rantai motor. Namun jika anda mempunyai waktu luang, anda bisa melepas rantai dari gear. Hal tersebut bertujuan agar proses pembersihan kotoran yang menempel pada rantai bisa rontok dengan maksimal. Pada cara ini anda juga bisa membersihkan rantai motor dengan menggunakan bensin. Baik solar maupun bensin memang mampu merontokkan kotoran dibandingkan hanya menggunakan air saja.
Cara membersihkan rantai motor dengan bensin ini dimulai dengan melepas rantai motor. Langkah selanjutnya masukkan rantai motor ke dalam ember yang tidak terpakai. Kemudian tuang bensin, hingga seluruh bagian rantai motor terendam bensin. Kemudiankan diamkan rantai terendam bensin selama kurang lebih 30 menit untuk merontokkan seluruh kotoran. Setelah itu rantai motor bisa dilap dengan menggunakan kain bersih hingga kering. Langkah selanjutnya adalah memasang rantai pada motor kembali, kemudian langkah ini diakhiri dengan menyemprotkan oli khusus untuk rantai motor. Nah itulah beberapa caramembersihkan rantai motor dengan mudah. Semoga bermanfaat.



Artikel Terkait

Tips Mudah Membersihkan Rantai Motor
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email