Monday, 5 December 2016

Cara Berfikir Dewasa Untuk Menata Masa Depan

Cara berfikir dewasa merupakan hal yang harus anda perhatikan ketika anda sudah menginjak usia dewasa. Dengan berfikir yang dewasa maka anda dapat menentukan pilihan dengan banyak pertimbangan sehingga masa depan anda akan tertata dengan rapi. Berfikir secara dewasa sebenarnya tidak hanya dilakukan ketika anda berusia 20 tahun ke atas karena kedewasaan tidak dapat diukur dengan tuanya umur saja namun bagaimana cara menyelesaikan masalah. Untuk lebih mengetahui bagaimana berfikir secara dewasa, anda dapat melihat penjelasan di bawah ini.
cara berfikir dewasa

Manfaat Berfikir Secara Dewasa

Ternyata jika kita dapat berfikir secara dewasa dapat memberikan beberapa manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Manfaat cara bersikap dewasa diantaranya adalah sebagai berikut. Jika anda memiliki banyak masalah dan anda dapat berfikir secara dewasa anda dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan baik dan bijak. Anda dapat membuat keputusan yang tepat yang tidak akan merugikan diri anda dan orang lain. Manfaat lainnya dari cara berfikir dewasa adalah akan membuat anda terbiasa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang rumit sehingga anda tidak akan mudah merasa pesimis dan juga putus asa. Dengan begitu, anda akan menghadapi masalah anda dengan baik selain itu anda juga dapat memberikan nasihat dan juga solusi untuk masalah orang lain. 

Cara Menjadi Orang Yang Berfikir Secara Dewasa 

Untuk dapat berfikir secara dewasa tentunya tidak serta merta dapat anda lakukan. Berfikir secara dewasa membutuhkan proses dan latihan serta kebiasaan. Jika anda ingin menjadi seseorang yang dapat berfikir secara dewasa, maka anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini. Cara berfikir dewasa yang pertama adalah dengan mengembangkan perilaku dewasa anda caranya adalah dengan mengembangkan minat. Anda pasti memiliki minat terhadap suatu bidang, untuk dapat mengembangkan perilaku dewasa anda anda dapat meningkatkan dan mengembangkan minat anda. Kemudian, anda dapat menetapkan tujuan anda dan berusaha untuk mencapainya. Menetapkan tujuan merupakan salah satu proses dalam mengembangkan perilaku dewasa anda. 

Untuk mengembangkan sikap dewasa anda , hal lain yang harus anda lakukan adalah memilih teman yang juga bersikap dewasa karena dari teman yang bersikap dewasa secara tidak langsung kita akan juga belajar bagaimana menjadi pribadi dengan fikiran dewasa. Kemudian, untuk mengembangkan perilaku dewasa anda harus menghargai orang lain karena menghargai orang lain merupakan salah satu sikap dewasa. Cara berfikir dewasa yang ke dua adalah dengan mengembangkan kedewasaan emosional caranya yaitu dengan memiliki kepercayaan diri, menjadi pribadi yang bijaksana, memiliki fikiran yang terbuka, menghindari menjelek-jelekkan orang lain, menjadi diri sendiri dan memiliki tanggung jawab sendi. Sikap-sikap tersebut merupakan cara untuk mengembangkan kedewasaan emosional anda. 

Cara berfikir dewasa yang selanjutnya adalah dalam berkomunikasi sebaiknya anda berkomunikasi layaknya orang dewasa. Misalnya dalam berkomunikasi dan mengemukakan ide atau pendapat anda dapat menghindari kemarahan. Selain itu cara lain dalam berkomunikasi seperti orang dewasa adalah hindari kebiasaan mengumpat karena kebiasaan mengumpat merupakan salah satu perilaku yang kekanak-kanakan. Kemudian, dalam berbicara sebaiknya menggunakan bahasa yang sopan dan dalam berbicara tidak menggunakan nada yang tinggi. 

Untuk menjadi seseorang yang berfikir secara dewasa anda juga harus memiliki sopan santun. Karena sopan santun merupakan salah satu perilaku yang mencerminkan sikap yang dewasa. Cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah juga merupakan hal yang penting dalam cara berfikir dewasa untuk diri anda.



Artikel Terkait

Cara Berfikir Dewasa Untuk Menata Masa Depan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email