Wednesday, 28 December 2016

Cara Memperbaiki Aki Yang Kering: Ini Tips Mudahnya

Memperbaiki aki kering pada motor maupun mobil merupakan sebuah keahlian yang menarik untuk digeluti selain juga pada dasarnya memberikan keuntungan kepada Anda. Saat ini hampir sebagian besar alat transportasi yang diluncurkan baik itu motor maupun mobil umumnya telah menggunakan aki atau acc jenis kering yang juga memiliki istilah sendiri yakni MF Battery atau Maintenance Free. Jenis aki ini diyakini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan aki yang bertipe basah. Hal yang menjadi sedikit pertimbangan adalah segi harga yang umumnya relatif lebih mahal. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda bisa mulai mempelajari sendiri kerusakan - kerusakan yang mungkin terjadi pada aki kering Anda. 

Kelebihan ACCU MF Battery

Sebelum mengenal bagaimana cara memperbaiki aki kering, ada baiknya bila Anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan - kelebihan yang dimiliki oleh aki jenis model ini. Pertama aki tipe kering terkenal sebagai aki yang bebas perawatan. Dengan kata lain, tidak lagi dibutuhkan pengisian air accu yang dulu selalu dilakukan secara rutin dan berjangka. Tidak juga perlu mengisi zuur secara berkala. Kedua, Anda dapat meletakkan posisi aki dalam keadaan tegak maupun miring. Yang ketiga, performa aki ini jauh lebih tinggi dan powerful dibanding dengan tipe yang basah sehingga mampu bertahan jauh lebih lama. 
memperbaiki aki kering

Hal ini disebabkan karena aki tipe kering menggunakan separator jenis khusus dan grid yang awet dan tahan dari korosi. Nah, setelah Anda mengetahui berbagai jenis kelebihan aki kering dibandingkan dengan tipe basah maka inilah saatnya bagi Anda untuk mempelajari bagaimana cara memperbaiki aki kering yang sudah mati atau rusak dengan langkah - langkah yang ringkas dan tepat. Tentunya Anda harus terlebih dahulu menyiapkan bahan dan alat - alat yang diperlukan pada saat perbaikan agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, beberapa barang yang Ada perlukan saat memperbaiki aki kering adalah air aki atau zuur, obeng, suntikan untuk tinta printer, dan kain lap. Tahap selanjutnya adalah mengetahui cara - cara memperbaiki yang akan dijelaskan dibawah ini. 

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak

Langkah pertama cara memperbaiki aki kering yang sudah lemah adalah dengan membersihkan bodi aki dari berbagai debu. Gunakanlah kain lap yang telah dibasahi dengan air hangat agar proses pembersihan akan dapat berjalan dengan lancar. Setelah itu, bukalah penutup yang ada pada bagian atas dengan bantuan obeng minus. Ingat Anda harus menggunakan obeng dengan jenis minum agar dapat membuka body aki secara berhati-hati. Ketika Anda membuka body aki, Anda akan melihat sebuah penutup kecil yang terbuat dari bahan karet. Setelah itu, Cara memperbaiki aki kering dilanjutkan dengan menyiapkan air zuur yang dimasukkan ke dalam suntikan tinta printer. 

Anda dapat memasukkan cairan tersebut ke dalam setiap lubang aki yang ada hingga mencapai level cukup. Hindari mengisi lubang aki dengan zuur hingga penuh. Lalu kembalikan letak penutup body ke tempat semula. Pastikan Anda telah melakukannya dengan rapat, rapi, dan teliti. Lem tembak atau lem plastik dapat membantu menguatkan penutupan yang Anda lakukan. Sampai pada tahap ini maka aki kering sudah bisa dikatakan telah siap untuk di charger yang dilakukan dengan menyalurkan tegangan listrik kepada motor atau mobil Anda. Anda dapat menggunakan tegangan inject di awal yang berfungsi sebagai starter atau dengan trafo cas. Memperbaiki aki kering dikatakan sukses apabila Anda telah dapat melakukan pengisisan muatan tegangan ke dalam mesin motor atau mobil Anda. 

Setelah berhasil melakukan starting motor atau mobil maka biarkanlah selama kurang lebih 15 menit agar membuat aki menjadi stabil. Saat memperbaiki aki kering ada baiknya bila Anda memperhatikan tanggal pengisian aki yang tercantum di dalam body motor yang muncul sebagai kode nomor. Kode nomor ini menunjukkan kali kapan terakhir Anda melakukan pengisian aki serta sudah berapa lama usia aki dalam mesin motor atau mobil Anda. Hal ini akan membantu Anda mengambil keputusan yang tepat saat ingin memperbaiki aki yang Anda miliki.



Artikel Terkait

Cara Memperbaiki Aki Yang Kering: Ini Tips Mudahnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email