Friday, 18 August 2017

Kemerdekaan dalam Sangkar

"BOOOM! BOOOM!" Untunglah itu hanya suara mercon yang beberapa waktu lalu menghiasi bulan Ramadhan. Tidak bisa dibayangkan jika benar-benar ada pesawat tempur yang melintas di atas kepala kita lalu menjatuhkan bom yang berkekuatan hampir sama dengan bom atom yang dijatuhkan di Hirosima dan Nagasaki tahun 1945 atau ledakan-ledakan yang ada di Gaza saat ini.

Memang, Indonesia saat ini tidak dalam masa memanggul senapan untuk melawan penjajah, tapi Indonesia masih belum merdeka. Jika benar-benar ingin merdeka, Indonesia harus bisa mengatasi masalah-masalah sosial, ekonomi, hukum, dan pendidikan. Ah, setelah mengatakan ini semua, saya menjadi iri dengan seni. Mereka bisa dikatakan merdeka karena selalu bebas melakukan sesuatu, bebas menjadi sesuatu, dan terlepas dari tarik tambang orang-orang yang memiliki kekuasaan. 

kemerdekan RI ke 72 2017


Ada kekuasaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemerintahan Indonesia saat ini, yakni kekuasaan uang. Ia adalah raja, sedangkan yang terpedaya olehnya adalah budak yang setia mengorbankan rakyatnya. Semakin lama, ketika menurut manusia-manusia bisa mendapatkannya, manusia menjadi serakah. Mereka mengintai dimana ada kesempatan lalu menelanjangi rakyatnya sehingga rakyat tidak memiliki apa-apa lagi.


 Ini adalah perang yang sulit dan terpanjang menghadapi keegoisan dan kesombongan diri sendiri.
 by Nanung



Artikel Terkait

Kemerdekaan dalam Sangkar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email